AHM Pasang Panel Surya di Pabrik di Karawang

0
AHM Pasang Panel Surya
Panel Surya di atap pabrik Honda di Karawang. Foto: istimewa

NaikMotor – Dalam upaya mendukung pengurangan pemanasan global, PT Astra Honda Motor (AHM) meresmikan penggunaan solar panel di pabriknya di Karawang, (26/10/2022). Langkah AHM pasang panel surya itu kini telah mencapai kapasitas 8.760 kWp.

AHM pasang panel surya untuk mendukung operasional pabriknya, sebagai salah satu sumber Energi Baru Terbarukan (EBT). Pemasangan solar panel merupakan bagian dari upaya perusahaan​ dalam mengimplementasikan prinsip​ Environment, Social, and Governance (ESG) pada berbagai aktivitas perusahaan. Sejak 2014 hingga saat ini, sebanyak 18.270 modul panel surya telah terpasang di atap gedung pabrik AHM Karawang, pabrik AHM Cikarang, dan AHM Safety Riding & Training Center Deltamas, Jawa Barat.​ Keseluruhan panel surya yang terpasang tersebut memiliki kapasitas sistem sebesar 8.760 kWp dan mampu menghasilkan listrik sebesar 9.477.077 kWh pertahun. Hal ini setara dengan pengurangan 8.246 ton emisi CO2 per tahun menuju pemanfaatan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan.

​GM General Affairs AHM Merry Heryana mengatakan seluruh daya yang dihasilkan tersebut​ disalurkan dan digunakan untuk kegiatan utama proses produksi dan kegiatan penunjang produksi. Pemanfaatan solar panel sebagai salah satu sumber EBT perusahaan di masa mendatang.

​“Kami terus berupaya dan berinovasi dalam melakukan pemanfaatan energi terbarukan untuk​ mengimplementasikan ESG dan merealisasikan program Sustainability Development Goals (SDGs)”, ujar Merry.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here