Katup V4 Aprilia, Katup Variabel Agar Lolos Emisi Euro Terbaru

0
Katup V4 Aprilia
Aprilia kembangan katup variable sentrifugal. Foto: aprilia

NaikMotor – Aprilia tengah mengembangkan sistem katup terbaru untuk mesin V4. Sistem katup yang sedang dikembangkan bertujuan agar bisa lolos regulasi emisi Eropa terbaru.

Sistem katup yang sedang di kembangkan Aprilia bisa disebut VVT atau Variable Valve Timing, merupakan sistem yang membantu mengubah sudut dan waktu buka tutup katup., mekanisme yang relatif sederhana dan tidak memerlukan sistem elektronik yang rumit. Sistem VVT ini mirip seperti yang digunakan Suzuki pada sportbike GSX-R 1000 2017

Dengan menggunakan bola bearing yang dipasangkan pada roda penggerak intake camshaft, akan digerakkan keluar oleh gaya sentrifugal tergantung dengan kecepatannya. Posisi bola bearing akan ditempatkan pada track yang agak miring karena ketika berputar akan berpengaruh pada camshaft exhaust.

Untuk penggunaan bola bearing Aprilia akan menggunakan 3 bola sangat berbeda dengan Suzuki yang menggunakan 12 bola. Dengan jumlah bola yang lebih sedikit Aprilia bertujuan untuk mengurangi gesekan yang terjadi.

Katup V4 Aprilia

Sistem katup yang dikembangkan oleh Aprilia sebenarnya juga bertujuan untuk mengikuti regulasi emisi terbaru yang ada di Eropa dengan membatasi pembuangan emisi gas yang semakin ketat.

Menurut Motorrad, media otomotif Jerman sistem VVT ini bukan hanya untuk Aprilia RSV4 tetapi juga akan digunakan untuk mesin lain dari Aprilia, Moto Guzzi dan Piaggio. (Ulwan/Contrib/NM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here