IIMS 2023 Pembuka Gerbang Pengenalan Percepatan Kendaraan Listrik Secara Masif

0
IIMS 2023 Pembuka Gerbang
IIMS 2023 pembuka gerbang percepatan elektrifikasi. Foto: istimewa, afid

NaikMotor – Pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang berlangsung hingga 26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta menghadirkan model terbaru EV. IIMS 2023 pun dipandang sebagai pembuka gerbang percepatan elektrifikasi.

Kendaraan listrik (Electric Vehicles) semakin populer dalam beberapa tahun terakhir karena emisi dan biaya operasi yang lebih rendah, serta teknologi yang semakin baik. Namun, masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi agar kendaraan listrik menjadi opsi transportasi yang luas di Indonesia. Salah satu tantangan utama adalah biaya tinggi dari EV dibandingkan dengan kendaraan bertenaga bensin konvensional, kurangnya infrastruktur pengisian daya, terutama di daerah pedesaan. Meskipun demikian, masa depan transportasi di Indonesia telah​ mencakup pergeseran menuju kendaraan listrik, sebagai transportasi yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan bagi masyarakat Indonesia, serta upaya mengurangi ketergantungan negara pada impor minyak.

Pada pembukaan IIMS (16/2/2023) lalu, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan dukungannya untuk mengadopsi kendaraan listrik melalui berbagai insentif dan inisiatif, seperti pembebasan pajak untuk produsen EV dan pengembangan infrastruktur pengisian daya. “Mengenai tren dunia ke depan, semua negara akan mendorong ke penggunaan mobil listrik. Saya juga mengajak industri otomotif untuk mulai melihat tren ini dan sedikit demi sedikit untuk menggeser industrinya ke arah trend yang hampir semua negara sekarang ini ke arah itu, dari combustion digeser sedikit-sedikit ke mobil listrik.” jelas Joko Widodo.

Baca Juga: IIMS 2023 Dibuka Presiden RI, Mendorong Trend EV dan Ekspor
Honda di IIMS 2023
Presiden Jokowi mencoba Honda EM1 e

LEAVE A REPLY