Mesin BMW Motorrad G310 Series Akan Dilengkapi Katup Variabel

0

Mesin BMW Motorrad G310 Series

Dokumentasi itu sekaligus mengisyaratkan kalau saudara kembar G310 yakni TVS Apache 330 juga akan menerima fitur berteknologi efisiensi itu juga. TVS memiliki model setara G310 series dengan TVS Apache 330 R dan supersport Apache 330RR.

Dalam dokumen paten terlihat Shift Cam akan memanfaatkan actuator solenoid yang terletak di antara camshaft. Dengan menggeser camshaft inlet sehingga salah satu dengan profil cam lebih tinggi akan menekan katup lebih dalam saat putaran mesin tinggi. Saat putaran rendah actuator akan menggeser camshaft sehingga cam profil rendah yang bekerja. Hasilnya, saat mesin putaran rendah maka proses pembakaran akan rendah emisi, sementara saat putaran tinggi performa mesin meningkat.

Mesin 310/330 BMW-TVS saat ini berkapasitas 313cc, berpendingin air, satu silinder menghasilkan tenaga maksimal 34 daya kuda dan torsi puncak 28 Nm. Jika dilengkapi dengan Shift Cam maka torsi puncak akan didapat sejak putaran menengah dan tinggi. Efisiensi mesin pun akan didapat. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here