Begini Cara Merawat Knalpot yang Baik dan Benar oleh Wahana Honda

0

Merawat knalpot yang baik dan benar ala Wahana Honda

Selalu Panaskan Mesin Secukupnya
Memanaskan mesin motor dapat membuat motor terjaga dan dalam kondisi yang optimal. Cara ini cukup efektif jika digunakan pada motor 4 tak agar knalpotnya tidak akan cepat menguning atau berkarat karena terpapar panas dari mesin.

Kenali Bahan Knalpot
Ada yang terbuat dari bahan chrome dan gampang tergores. Cara membersihkan knalpot dari bahan ini bisa dilakukan dengan lembut agar tidak menggores. Untuk bahan lainnya tentu berbeda penanganan.

Bersihkan Lubang Buang
Bersihkan lubang buang pada silencer dengan oli dan oleskan secukupnya. Cara ini bisa dilakukan secara berkala setiap dua bulan sekali. Pembersihan lubang buang bisa mencegah knalpot mengalami kebocoran. Kebocoran knalpot bisa menyebabkan timbul suara buruk, motor tidak bertenaga, dan dampak lainnya adalah tidak ramah lingkungan.

Oleskan Oli pada Leher Knalpot
Oleskan oli bersih secara merata. Langkah ini bisa Anda lakukan jika bagian pipa knalpot telah dibersihkan. Jika selesai mengoleskan oli pada leher knalpot, hidupkan mesin selama dua menit. Oli tersebut akan terserap dan leher knalpot akan menjadi lebih bersih, dengan mengelupasnya oli yang dipanaskan tersebut.

Membersihkan Korosi
Jika korosi terjadi pada knalpot, bersihkan dengan sikat gigi yang diolesi detergen. Sikat pada bagian yang berkarat atau bagian yang kotor. Kemudian bilas dengan air. Jika noda membandel, gunakan sikat kawat untuk mempermudah membersihkannya.

Pakai Pembersih Porselen
Jika membersihkan kotoran pada knalpot dengan menggunakan sikat serta detergen tidak efektif, bisa gunakan cairan pembersih porselen seperti Porstex, namun harus tetap berhati-hati.(Fernando/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here