30 Tahun PAS Yamaha, Dihadirkan Middrive PW-X3 250Watt

0
30 Tahun PAS Yamaha
Yamaha PW-X3 untuk peringati 30 tahun PAS Yamaha. Foto: yamaha

NaikMotor – Penggerak sepeda listrik middrive Yamaha, Power Assisted System (PAS) telah 3 dekade. Peringati 30 tahun PAS, Yamaha hadirkan middrive PW-X3 250 Watt.

MTB listrik Yamaha juga dihadirkan untuk peringatan 3 dekade penggerak listrik asistensi, eMTB YDX-Moro 07. E-MTB dilenggkapi penggerak PAS edisi peringatan 30 tahun, PW-X3 250 Watt.

Sepeda dengan penggerak listrik Bantuan Daya Yamaha diawali pada 1989. Dengan konsep orang bisa berkomuter tanpa harus memiliki SIM bahkan helm. Sementara itu, Sepeda dengan pedal assist itu secara resmi diluncurkan pada 1993 di prefektur Kanagawa, Shizuoka dan Hyogo menjelang penjualan nasional mulai April tahun berikutnya.

PAS pertama itu dibekali motor brushed DC dan pengontrol terkomputerisasi dengan output pengenal 235 watt. Dilengkapi sensor torsi untuk mendeteksi gaya yang diterapkan pada pedal, dan baterai besar dipasang di rangka untuk menempuh jarak 20 km. Konsep yang kemudian diikuti pabrikan lainnya.

Inovasi lainnya dikembangkan pada 1995, ketika Yamaha berhasil membuat baterai Ni-Cad yang bisa dilepas dari rangka agar bisa dicharge di ruangan.

Baca Juga: Yamaha Hadirkan PW S2 Series, Motor MidDrive Lebih Bertenaga, Ringan dan Kompak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here