Begini Berkendara di Musim Peralihan Jelang El Nino

0
Simak Tips Berkendara Pada Peralihan Musim dari Yamaha
Tips Berkendara di Musim Pancaroba. Foto : Yamaha

NaikMotor – Peralihan antara dua musim atau dikenal juga dengan musim pancaroba diprediksi menghadirkan berbagai bahaya bagi pengendara di jalan raya. Untuk itu, pengendara roda dua perlu mempersiapkan diri.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut Indonesia memasuki pancaroba atau peralihan musim hujan ke musim kemarau pada Maret, April, hingga Mei 2023. Transisi antar musim dapat menimbulkan tantangan unik bagi pengendara sepeda motor.

Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta memberikan tips ketika mengendarai sepeda motor selama musim pancaroba :

  1. Melihat Prakiraan Cuaca

Selalu periksa ramalan cuaca, prakiraan cuaca membantu merencanakan perjalanan termasuk melengkapi diri dengan perlengkapan yang sesuai.

2. Gunakan Perlengkapan yang Tepat

Pastikan memakai jaket dan celana panjang untuk melindungi tubuh dari perubahan cuaca yang tidak menentu, siapkan juga jas hujan. Jangan lupa kenakan sarung tangan yang menutupi sampai ke ujung jari, serta helm dan disarankan menggunakan visor bening.

3. Perhatikan Kondisi Permukaan Jalan

Selama pancaroba, jalan sering basah dan licin. Atur kecepatan dan jaga jarak aman dengan kendaraan lain. Lakukan pengereman dan akselerasi secara halus dan tidak mendadak. Berhati-hatilah saat berkendara di atas permukaan jalan yang tidak rata, marka jalan yang dicat, permukaan logam, atau daun yang berguguran, karena dapat menjadi sangat licin saat basah.

4.Tingkatkan Visibilitas

Dengan kondisi cuaca yang sering berubah, penting untuk membuat diri Anda terlihat oleh pengguna jalan lain. Kenakan pakaian yang cerah dan reflektif, pastikan lampu depan sepeda motor Anda menyala, serta lampu sein dan lampu rem berfungsi dengan baik.

Baca juga : Meriahnya bLU cRU Yamaha Enduro Challenge di Yogyakarta, Ajang Pecinta Off-Road Yamaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here