Batas Kebisingan Sepeda Motor Akan Diperketat, Termasuk Knalpot dan dB Killer

0
Pedoman Anti-Gangguan Pada Peredam Knalpot Sepeda Motor EU
Ilustrasi. Foto : ACEM

Kegiatan sosialisasi sekarang sedang diluncurkan oleh sektor sepeda motor, dengan melibatkan produsen kendaraan anggota ACEM, asosiasi industri nasional dan produsen knalpot aftermarket.

Kegiatan tersebut berupaya meningkatkan kesadaran semua pemangku kepentingan termasuk otoritas persetujuan tipe, otoritas pengawasan pasar dan pengguna.

Inisiatif tersebut disambut baik, Antonio Perlot, ACEM Secretary General, dengan mengatakan, “Inisiatif yang menyatukan keahlian para pemain terkenal di sektor sepeda motor mengatasi salah satu penyebab utama kebisingan sepeda motor di jalanan. Peredam yang disetujui dengan baffle yang terlalu mudah dilepas atau dB-Killer saat ini masih ada di pasaran, yang dapat mengakibatkan tingkat kebisingan yang sangat tinggi di jalan.”

“Pedoman ini akan membantu membentuk otoritas persetujuan menuju penilaian kesesuaian yang lebih harmonis dengan aturan anti-gangguan untuk peredam knalpot. Seruan sekarang ada pada semua pemangku kepentingan untuk menerapkannya tanpa penundaan.”

Pada bulan Desember 2022, ACEM mempresentasikan pedoman tersebut kepada otoritas persetujuan tipe nasional pada pertemuan pemangku kepentingan yang diselenggarakan oleh Komisi Eropa.

Mengikuti persetujuan informal oleh otoritas di EU level, the International Motorcycle Manufacturers’ Association (IMMA) memperkenalkan pedoman tersebut pada Februari 2023 di the Working Party Noise and Tyres (GRBP), forum dunia tentang tingkat kebisingan kendaraan. Dokumen final diharapkan dapat diadopsi pada sesi GRBP berikutnya pada bulan September 2023. (Fernando/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here