Batas Kebisingan Sepeda Motor Akan Diperketat, Termasuk Knalpot dan dB Killer

0
Pedoman Anti-Gangguan Pada Peredam Knalpot Sepeda Motor EU
Pedoman Aturan Anti-Gangguan Pada Peredam Knalpot Sepeda Motor di EU. Foto : ACEM

NaikMotor – European Association of Motorcycle Manufacturers (ACEM) mengembangkan pedoman setelah mendapat keluhan warga, politisi, dan regulator terkait dampak kebisingan dalam kehidupan sehari-hari.

Emisi suara sepeda motor telah diatur di European Union (EU), yang ditetapkan sejak tahun 1990-an, melalui persyaratan persetujuan European type. Sebagai bagian dari solusi untuk mengatasi masalah ini, ACEM baru-baru ini mengembangkan seperangkat pedoman bekerja sama dengan industri knalpot utama pada aftermarket.

Tujuan dari pedoman ini untuk menghindari interpretasi yang menyimpang dan tidak efektif dari aturan anti-perusakan untuk peredam knalpot, khususnya untuk peralatan non-asli yang dapat dipasang sebagai alternatif pada sepeda motor selama masa pakainya.

Dokumen tersebut secara khusus mengklarifikasi persyaratan teknis untuk memastikan kekokohan solusi pemasangan dalam membungkam baffle dan dB-killer, untuk mencegah pelepasannya dengan mudah.

Menyusul pengesahan informal oleh otoritas di EU level, pedoman tersebut didukung oleh pakar pemerintah di UNECE, forum dunia tentang peraturan kendaraan.

Baca juga : Bos Piaggio Group Michele Colaninno Terpilih Jadi Presiden ACEM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here