Bertualang Naik CRF150L Menyusuri Pesona Alam Citatah

0

Setelah itu rombongan bergerak menuju berbagai tantangan kombinasi jalan menanjak-turunan berbatu. Rute single track menjadi pengalaman tersendiri saat melintas area perbukitan dengan pemandangan indah.

Pos pertama yakni Kampung Berseri Astra, (KBA) Cidadap selamat atau kampung berbudaya lingkungan (Ecovillage). Program ini dikelola oleh Forum Pemuda Peduli Karst Citatah (FP2KC ) sejak 2016 bersama AHM dan Yayasan AHM. Program di kampung ini berupa bantuan prasarana, pembinaan masyarakat, pemberdayaan UMKM (UMKM Keripik Kaca dan Pokdarwis Hawu Pabeasan) termasuk beasiswa pendidikan anak muda.

“Kami ingin kemandirian ekonomi masyarakat terbangun melalui Kampung Cidadap Berseri melalui pengembangan geowisata yang berbudaya lingkungan dan pendidikan masyarakatnya berkelanjutan,” ujar Ahmad Muhibbuddin, Ketua Yayasan AHM.

Pos selanjutnya adalah Geotheater Hawu Pabeasan yang menjadi wilayah pelestarian keanekaragaman beraneka tumbuhan langka dan hewan endemik. Sebanyak 1.500 pohon yang terdiri dari 58 jenis buah langka lokal asli Indonesia berada di kawasan perbukitan di Kampung Cidadap. Ada juga Gua Hawu yang berada di atas kampung dengan menawarkan destinasi wisata ekstrem.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here