Begini Mengendarai Sepeda Motor Transmisi Kopling Manual

0
Tips Mengendarai Sepeda Motor Transmisi Kopling Manual
Tips Mengendarai Sepeda Motor Transmisi Kopling Manual. Foto : daya motora

NaikMotor – Terdapat pengendara yang lebih memilih sepeda motor transmisi kopling manual untuk sehari-hari. PT Daya Adicipta Motora memberikan tips dalam menggunakannya.

Banyak alasan bagi pengendara ketika memilih sepeda motor berkopling manual dibandingkan jenis lainnya. Sebagai contoh karena mesin yang lebih bertenaga, performa pengereman lebih, serta tambahan engine brake.

Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, mengatakan, “Sepeda motor dengan kopling manual cocok untuk pengendara yang ingin tampilan sporty dan gagah. Tapi, tak sedikit juga pengendara yang enggan mengendarai sepeda motor  kopling manual karena tidak bisa menggunakan kopling.”

Langkah-langkah mengendalikan kopling manual untuk para pengendara pemula, sebagai berikut :

1. Langkah pertama, sepeda motor dengan kopling manual harus dimulai dalam kondisi gigi netral, lalu tekan starter untuk hidupkan mesin.

2. Tarik tuas kopling dilanjutkan menginjak tuas transmisi ke arah depan untuk memasukan gigi satu sebelum menarik gas. Barulah putar gas sampai motor berjalan mulus sambil melepas tuas kopling secara perlahan.

3. Rotasi transmisi manual adalah gigi satu dengan menginjak tuas bagian depan untuk menaikan ke gigi selanjutnya seterusnya dengan mengangkat tuas ke atas. Sebaliknya, untuk menurunkan adalah dengan menginjak tuas transmisi ke arah depan.

4. Supaya sepeda motor melaju dengan baik, naikan gigi ketika putaran mesin sudah menyentuh limit yang dapat dilihat pada indikator rpm meter. Kemudian turunkan gigi secara bertahap, jika kondisi motor sudah melambat.

Baca juga : Mau Main Offroad? Ini Tips Berkendara dan Riding Gear-nya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here