Kemenparekraf: Dampak Positif Kesuksesan Gelar MotoGP Mandalika 2023

0

Kemenparekraf: Dampak Kesuksesan Gelar MotoGP Mandalika 2023

Kesuksesan Indonesia GP 2023 juga tak hanya diraih dari aspek balapan saja, tetapi juga kontribusi terhadap ekonomi dan pariwisata. Dengan penyerapan ribuan tenaga kerja lokal NTB serta bergeliatnya industri pariwisata setempat. Menjadi katalis positif bagi perekonomian daerah yang akhirnya turut menunjang perekonomian nasional.

“Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 ini memang menjadi ajang yang sangat mendukung sport tourism di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Jadi selain balapannya sukses, pariwisata dan ekonomi juga ikut terpacu,” ucap Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) Priandhi Satria.

Hasil survey dampak kesuksesan MotoGP Indonesia terhadap parekraf Mandalika, Diantaranya. Total pengeluaran pengunjung Nusantara sekitar (33,3%), atau pengeluaran mencapai 5,1-10 juta rupiah. Dominasi penonton yang hadir, terdiri dari 80% laki-laki dan 20% sisanya perempuan.

Survey yang dilakukan oleh Kemenparekraf, juga menyertakan pilihan penginapan wisatawan Nusantara. Yang mana 40% wisatawan memilih hotel sebagai tempat menginap, dan 20% wisatawan memilih homestay.

Kepuasan wisatawan dari hasil analisis CGE-CPE Modelling, 88,67% pengunjung mengaku puas dan akan berkunjung kembali. Selain itu, adanya dampak dari MotoGP Mandalika yang merubah pendapatan pelaku usaha mencapai 36,54%. Hal tersebut, sangat baik dan berguna untuk meningkatkan UMKM di Mandalika sebagai kawasan wisata super prioritas Indonesia.

Estimasi penjualan tiket dan spending pada gelaran MotoGP Mandalika 2023, Kemenparekraf memprediksi capai Rp 914 Miliar. Hasil data Kemenparekraf, menjelaskan bahwa ajang MotoGP Mandalika 2023 sukses dan berdampak baik untuk meningkatkan pariwisata dan perekonomian kreatif di Indonesia. (Alvito/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here