Suzuki Presentasikan Sepeda Motor Pertama Bertenaga Hidrogen

0

Suzuki Presentasikan Sepeda Motor Pertama Bertenaga Hidrogen

Keuntungan besar sel bahan bakar terletak pada kemampuannya untuk menawarkan pengendaraan yang bersih, mirip dengan 100% listrik, namun dengan kemampuan untuk mengisi ulang hidrogen dengan cepat tanpa menunggu pengisian ulang baterai yang lama.

Namun, perubahan signifikan terjadi tahun ini. Suzuki bergabung dengan perusahaan HySE yang dibentuk bersama Honda, Yamaha, dan Kawasaki. Kemitraan yang bertujuan untuk mengembangkan mesin pembakaran hidrogen untuk kendaraan kecil, termasuk sepeda motor.

Secara khusus, peran pabrikan Jepang dalam kolaborasi ini berkaitan dengan studi tentang fungsionalitas, kinerja, dan keandalan mesin hidrogen. Prototipe baru Suzuki Burgman didasarkan pada struktur standar Burgman 400. Namun, mesinnya telah mengalami perubahan besar agar dapat menggunakan hidrogen mengantikan pembakaran bensin.

Meskipun detail pasti dari modifikasi ini belum terungkap, kemungkinan besar modifikasi tersebut mencakup injeksi bahan bakar langsung. Hidrogen disimpan dalam tangki yang diposisikan di antara kaki pengendara, dengan tekanan 10.000 PSI dan dapat diisi ulang melalui port yang terletak tepat di bawah sisi kanan jok.

Dari sudut pandang struktural, untuk memasang tangki, lengan ayun dan mesin mundur sekitar 20 cm. Sehingga prototipe ini memiliki jarak sumbu roda yang sangat panjang. Namun, berbeda dengan model sel bahan bakar sebelumnya, model ini tidak kehilangan ruang penyimpanan di bawah jok. (Alvito/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here