Temuan Siswa SMA Malang dan Jakarta Mengantarkannya Jadi Pemenang AHM Best Student 2023

0

Pemenang AHM Best Student 2023

Sehingga saat Final AHM Best Student 2023 itu tersisa 19 finalis. Para finalis kemudian harus mampu mempresentasikan karyanya di depan Dewan Juri yang berasal dari UI, Universitas Gajah Mada dan BPM School of Management serta Balai Pengembangan Talenta Kemendikbud Ristek.

Raditya membawa karyanya berupa perangkat desalinasi yang dipadu dengan penjernih air bertenaga panel surya. Temuan didasarkan banyaknya daerah di Madura yang terpencil, kesulitan air bersih karena intrusi air laut.

Siswa kelas 11 SMA di Malang itu, memanfaatkan membran untuk proses reverse osmosis pemisah mineral dan garam air laut agar menjadi air tawar. “Jadi mineral dan unsur sepeti NaCl, Mg+, dan mineral lainnya terpisah dari air,” jelasnya saat Final AHMBS 2023 di Sunter, Jakarta Utara, (1/11/2023).

Proses berikutnya air desalinasi itu melalui penjernih air agar bisa memenuhi standar sebagai air bersih. Untuk kebutuhan listrik Raditya memanfaatkan panel surya off grid, “Agar alat purifier air ini bisa digunakan di daerah tanpa jaringan listrik,” pungkasnya. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here