Perubahan Regulasi MotoGP di Musim 2024, Soal Batasan Usia Pembalap

0
Perubahan Regulasi FIM untuk GP di Musim 2024
Regulasi Baru mengenai Bahan bakar dan usia pembalap FIM. Foto: NaikMotor

NaikMotor – Regulasi Kejuaraan Dunia Grand Pri Pembalapx FIM musim 2024 telah berubah. Dalam poin perubahan telah disepakati peraturan baru mengenai spesifikasi bahan bakar dan batasan usia.

Komisi Grand Prix, terdiri dari Carmelo Ezpeleta (Dorna, Ketua), Paul Duparc (FIM), Hervé Poncharal (IRTA) dan Biense Bierma (MSMA). Dengan dihadiri Mike Webb (IRTA, Sekretaris Rapat), Carlos Ezpeleta (Dorna), Corrado Cecchinelli (Direktur Teknologi), Jorge Viegas (Presiden FIM). Juga Dominique Hebrard (Manajer Teknis FIM CTI), dalam pertemuan online yang diadakan pada Desember 2023.

Pertemuan komisi GP FIM yang digelar dalam mengatur ulang regulasi untuk musim 2024 mendatang. Dalam pertemuan itu membahas peraturan penggunaan bahan bakar dan minimum usia.

Kesepakatan yang telah disetujui oleh seluruh komisi GP FIM, mengenai spesifikasi bahan bakar juga penggunaan oli. Peraturan tahun 2024 yang mewajibkan penggunaan bahan bakar non-fosil minimal 40% dan meningkat jadi 100% pada 2027.

Spek dan parameter pengujian BBM GP 2024 disetujui oleh FIM, IRTA, Dorna, Lab Pengujian Resmi, MSMA, dan termasuk input dari pemasok. Serta, Spesifikasi rinci dan parameter pengujian akan dimasukkan dalam peraturan.

Sedangkan regulasi mengenai batas umur pembalap musim 2024, ditekankan pada kelas Moto3 dan Moto2. Regulasi yang disepakati memuat usia minimum yang diterapkan lebih tinggi dalam beberapa musim terakhir.

Baca Juga: Veda Ega Pratama Terpilih ke Red Bull MotoGP Rookies Cup 2024

Perubahan Regulasi FIM untuk GP di Musim 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here