Perubahan Regulasi MotoGP di Musim 2024, Soal Batasan Usia Pembalap

0

Perubahan Regulasi FIM untuk GP di Musim 2024

Usia minimum sebelumnya telah mengganggu jalur kesempatan bagi sebagaian anak muda yang memulai karir mereka sebelum batas usia ditingkatkan. Menyebabkan beberapa pembalap tidak dapat naik ke kelas Grand Prix ketika telah diantisipasikan.

Oleh karena itu, pengecualian yang ada akan diperluas untuk memungkinkan tiga finis teratas secara keseluruhan di kedua FIM Kejuaraan Dunia. Yakni JuniorGP™ dan Piala Rookies MotoGP Red Bull agar dapat bersaing di Dunia FIM Moto3™.

Kejuaraan sejak mereka secara matematis dijamin posisi tiga besar di JuniorGP™ atau Rookie, meskipun mereka belum mencapai usia minimum 18 tahun. Namun, berlaku usia minimum absolut 17 tahun.

Di kelas Moto2™, pengecualian berlaku bagi pemenang Kejuaraan FIM European Moto2™
berkompetisi di Kejuaraan Dunia Moto2™ 2024. Meski mereka belum mencapai usia minimal 18 tahun. Namun, berlaku usia minimum absolut 17 tahun.

Pada tahun 2022, pengecualian juga diberikan kepada pebalap yang berpartisipasi di Moto3™ musim sebelumnya atau Kejuaraan Dunia Moto2™ pada usia 16 atau 17 tahun. Memungkinkan mereka untuk terus berkompetisi di kompetisi musim berikutnya. Hal ini telah diperluas ke pebalap yang membalap di kelas tersebut pada tahun 2023, yang juga dapat terus berkompetisi pada tahun 2024. (Alvito/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here