Race 1 Final LFN HP969 Sentul: Hujan Bikin Balapan Menegangkan

0
Duel Fahmi Basam vs Aldi Satya Mahendra di race pertama Bebek 4 tak 150 Expert. FotoL Tony P

NaikMotor – Diwarnai hujan, jalannya balapan race 1 Grand Final LFN HP969 Road Race Championship 2023 di Sirkuit Sentul Karting, Sabtu (30/12/2023) makin menegangkan. Di kelas bergengsi Expert, duel Aldi Satya versus Fahmi Basam menjadi tontonan seru di penutup hari pertama.

Diikuti oleh 128 starter, balapan setingkat Kejurnas mempertandingkan 10 kelas dengan enam kelas utama dan empat kelas tambahan. Karena memperebutkan total hadiah senilai Rp 1,3 miliar, para pembalap unggulan dan punya poin dari putaran sebelumnya, event ini menjadi lebih seru.

Podium Aldi Satya Mahendra di race pertama

Grand final LFN HP969 Road Race Championship 2023 berlangsung diselingi cuaca hujan menjelang race pertama setelah istirahat siang. Pada sesi free practice dan kualifikasi yang berlangsung di cuaca panas mempertontonkan aksi para pembalap memacu motornya di kelas utama. Aldi Satya Yamaha Aben Racing Racertees RC3 SSS KYB, misalnya, mampu membukukan waktu tercepat 53,363 detik di kelas utama Bebek 4T 150cc Expert, disusul Fahmi Basam Yamaha LFN HP969 ABRT20 Adukah H20 (53,511 detik) serta Erfin Firmansyah (RC3 Racertees RA Medika SSS RT (53, 689 detik). Total, ada sembilan pembalap yang menorehkan waktu di bawah 54 detik.

Sementara saat Superpole, Alfie Husni (Ziear LFN HP969 YDJ14 RBT34 The Strokes55) membuat catatan waktu 53.798 detik disusul rekan setimnya, Aldiaz Aqsal Ismaya (53,956 detik) serta Aldi Satya (54,083).

Namun, saat balapan race pertama semuanya berubah. Tidak ada yang mendominasi jalannya balapan karena berlangsung setelah hujan hingga pertarungan lebih seimbang. Alfi Husni yang menempati posisi pertama harus terjatuh sehingga menghadirkan duel seru antara Fahmi Basam versus Aldi Satya.Pada balapan yang berlangsung selama 25 lap, Aldi Satya berhasil mencuri kemenangan dari Fahmi di lap terakhir.

“Saya selepas start enggak sengaja menginjak rem belakang di tikungan pertama sehingga sempat keluar. Selain itu kondisi ban belum panas sehingga perlu waktu untuk mengejar ke depan dan tentunya butuh strategi balapan dan adaptasi di balapan basah. Namun akhirnya saya bisa juara pertama,”beber Aldi.

Podium kelas Bebek 4T 130 MP2 dimenangkan oleh Aldiaz Ashal Ismaya

Sedangkan di kelas Bebek 4T 130 (MP2 Spek lama) Aldiaz Aqsal Ismaya berhasil menapak podium pertama disusul Damar Adi Yoga (Sergio Racing Team Wara Shom GMG) serta Ahmad Saugi (LGuh’17 Farramotor HDS ABS Racing). Serta di kelas Bebek 2T 125cc dimenangkan oleh Aldy Musfiq (CV Putra Harapan MS Glow Pamekasan Madura) disusul Aqshal IlhamSafatullah (Yukido X RH57) dan Chessy Melandri (Yamaha LFN HP969 ABRT20 Adukah_H20).

Podium kelas 2T 125 Novice

Sementara di kelas Novice, pembalap Felix Putra Mulia (AMS Cargloss LFN RRS) menyempurnakan pencapaian hasil kualifikasi sebagai pole position dengan merebut kemenangan di tengah balapan hujan. Ketenangannya bertarung di kondisi basah membuat Felix berhasil menahan tekanan duet pembalap BKJU (HF Rasya dan Reykat Yusuf Fadillah, satu-satunya tim yang memacu motor Honda.

Fekix Putra Mulia merebut podium pertama kelas Novice di race pertama

Dipastikan, balapan race kedua besok akan makin seru dengan hasil race pertama untuk bisa memperebutkan hadiah juara umum di kelas expert sebesar Rp 250 juta.Event ini diselenggarakan  oleh PRIDE serta didukung oleh para sponsor seperti DID, NGK, RCB, IRC, Koizumi, NHK dan TraStar serta bekerja sama dengan IMI DKI. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here