Öhlins SmartEC3 Semi-Akti Suspensi Canggih Akan Ada di Honda Fireblade SP 2024

0
Öhlins SmartEC3 Semi-Akti Suspensi Canggih Akan Ada di Honda
Öhlins SmartEC3 yang akan memulai debut pertama di Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2024. Foto: rideapart

NaikMotor – Öhlins SmartEC3 suspensi terbaru dengan teknologi mutakhir sistem Semi-Aktif. Akan hadir pertama kali sebagai standar pada Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2024.

Sepeda motor sport berperforma tinggi mengutamakan mesin bertenaga dan platform ringan. Begitu pula suspensi memainkan peran penting dalam memastikan mesin tersebut mampu menghasilkan waktu putaran yang luar biasa.

Seperti apa gunanya 200 tenaga kuda jika tidak bisa melewati tikungan dengan kecepatan sangat tinggi. Terlepas dari semua penelitian dan pengembangan yang dilakukan pada mesin, rangka, dan rem. Peningkatan kinerja komponen suspensi adalah sesuatu yang juga perlu tersemat pada roda dua sport dengan tenaga yang besar.

Tentu saja Öhlins adalah salah satu merek yang paling disegani dalam hal suspensi tersebut, baik untuk mobil, sepeda motor, off-road, dan bahkan sepeda. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Öhlins menjadi yang terdepan dalam inovasi dalam segala hal suspensi.

Contohnya adalah SmartEC3 terbaru, sistem suspensi semi-aktif yang dirancang untuk superbike teratas di kelasnya. Sistem baru ini juga bukan sekadar sebuah konsep. Faktanya, debutnya kembali di EICMA 2023 dengan Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2024.

Honda Fireblade SP adalah sepeda motor produksi pertama dan sejauh ini satu-satunya yang menggunakan sistem SmartEC3 terbaru dari Öhlins. Jadi, apa yang membuat suspensi ini terasa istimewa. Sebagai permulaan, SmartEC3 menggabungkan komponen suspensi kelas dunia dengan kontrol elektronik mutakhir.

Membayangkan jika sistem suspensi Öhlins yang dapat disetel secara manual sudah dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Lalu ditambah jika sistem tersebut dapat bereaksi terhadap masukan pengendara, medan, serta gaya pengereman dan akselerasi pada saat itu juga. Dan itulah peran hebat di suspensi SmartEC3.

Baca Juga: Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary Tampil di Mandalika

LEAVE A REPLY

*