Sepeda Motor ABS dapat Mengurangi hingga 27% Kecelakaan

0
Pentingnya Fitur ABS sebagai Teknologi Keselamatan Berkendara
Pentingnya Fitur ABS sebagai Teknologi Keselamatan Berkendara. Foto: motorplusonline

NaikMotor – Forum diskusi bertemakan “Safer Riding with Advance Braking Technology” ikut mendorong sosialisasi fitur ABS sepeda motor untuk menekan angka kecelakaan. Acara ini diselenggarakan oleh Otomotif Group – Grid Network Kompas Gramedia melibatkan berbagai pihak dari pemerintah termasuk komunitas motor.

Berdasarkan data Korlantas Polri, sepanjang tahun 2023 terdapat 155.000 kecelakaan dengan 66.602 kasus dari sepeda motor. Dengan faktor manusia atau human error sebagai penyumbang utama atau sekitar 61% dari total kecelakaan.

Mengutip Data terkini Korlantas Polri per 23 Februari 2024, disebutkan populasi kendaraan roda dua mencapai 134 juta unit atau 83,5% dari total populasi kendaraan. Meningkat sekitar 2 juta unit dalam kurun waktu tiga bulan terakhir sejak November 2023.

Situasi ini tentu menjadi tantangan berat dari upaya seluruh pemangku kepentingan dalam mengurangi kasus kecelakaan sepeda motor. Menanggapi hal tersebut, Otomotif Group, bagian dari Grid Network Kompas Gramedia menggelar Forum Group Discussion (FGD). Forum yang bertemakan “Safer Riding with Advance Braking Technology”. melibatkan Kementerian Perhubungan yang diwakili Dirjen Perhubungan Darat dan Badan Kebijakan Transportasi, Kementerian Perindustrian, Korlantas Polri, KNKT. Serta, Fakultas Teknik Universitas Indonesia, IMI dan komunitas bikers.

Baca Juga: Kompetisi Custom Elektrik SMEV Build-Off Gaet Davos ke Kustomfest 2024

Pentingnya Fitur ABS sebagai Teknologi Keselamatan Berkendara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here