Mudik Aman dengan Sepeda Motor, Fit Semua Hal

0

Tips Mudik Dengan Sepeda Motor Kurangi Resiko Kecelakaan

Berikut tips berkendara jauh atau mudik ala JDDC:

  1. Merencanakan Rute Perjalanan
    memprediksi jalur yang akan dilalui adalah langka pertama yang wajib dilakukan sebelum berkendara. Ini berguna untuk mengetahui medan yang akan dilalui juga mempersiapkan kebutuhan yang berguna selama perjalanan.
  2. Jaga Kondisi Badan
    Wajib untuk sobat motoris beristirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan jauh, kondisi badan yang prima adalah faktor utama berkendara nyaman dan aman. Disarankan untuk istirahat setiap 2 jam perjalanan, untuk mengisi kembali tenaga yang terkuras, agar tetap prima.
  3. Jangan Membawa Bawaan Berlebih
    Mengingat perjalanan yang jauh ditambah momen mudik, kebanyakan pemudik membawa muatan yang berlebihan. Jelas ini sangat membahayakan dengan banyak resiko yang dapat terjadi, ada baiknya menggunakan sidebox atau top box untuk menyimpan bawaan extra.
  4. Perlengkapan Berkendara
    Mengingat keselamatan, perlengkapan berkendara yang layak dan teruji SNI menjadi atribut yang wajib digunakan. Seperti Helm, Celana dan Jaket berkendara dengan protektor, menggunakan sepatu, sarang tangan, serta jas hujan.
  5. Periksa Kondisi Kendaraan
    Hal wajib lainnya adalah memeriksa kondisi kendaraan yang akan digunakan, pastikan mesin hingga pengereman dalam kondisi layak. Mulai kondisi oli, rem, pencahayaan, dan ban.

Untuk memudahkan sobat motoris dapat melakukan pengecekan ke bengkel-bengkel resmi terpercaya. Contohnya bengkel MotoXPress yang menyediakan kebutuhan tersebut mulai dari ban IRC dan Zeneos hingga kebutuhan sepeda motor lainnya. (Alvito/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here