Dorna Sport Dimiliki Liberty Media Pemilik F1

0
Dorna Sport Dimiliki Liberty
Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports. Foto: MotoGP

NaikMotor – Promotor MotoGP dan WorldSBK, Dorna Sport kini dimiliki Liberty Media. Konglomerat media itu telah mengakuisisi hak komersial Dorna senilai USD4 Miliar.

Dengan Dorna Sport dimiliki Liberty Media, maka MotoGP dan WorldSBK akan bersama F1 masuk portofolionya. Liberty telah lebih dulu memiliki F1.

Sebelumnya, dalam beberapa minggu ini telah berlangsung perang penawaran Dorna. Seperti disebutkan Financial Times, banyak pihak yang berkepentingan telah melakukan pendekatan termasuk perusahaan hiburan TKO yang berbasis di Hollywood dan pemilik klub sepak bola Paris St. Germain Qatari Sports Investments. Namun mereka mengatakan bahwa Liberty Media telah muncul sebagai kandidat yang paling diinginkan.

Dorna Sports telah memegang hak komersial atas Kejuaraan Dunia Grand Prix – yang terdiri dari MotoGP, Moto2, Moto3 dan MotoE – sejak tahun 1991, serta WorldSBK, ditambah beberapa kejuaraan berbasis Eropa dan domestik.

Meskipun perusahaan tersebut belum resmi dipasarkan, diketahui bahwa pemegang saham mayoritas saat ini Bridgepoint terbuka untuk negosiasi penjualan. Perusahaan ekuitas swasta memiliki 39% saham Dorna dan 38% dimiliki oleh dana publik Kanada. Dorna – dijalankan oleh Carmelo Ezpeleta – memiliki 20% saham.

Baca Juga: Dorna Sport Dijual? Peminatnya Mulai dari Amazon, Netflix, Hingga Disney

Dorna Sport Dimiliki Liberty

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here