Jelang WorldSBK 2024 Belanda, Hanya Rea dan Bautista yang Banyak Menang di Assen

0
Hanya Rea dan Bautista
Jonathan Rea di Assen ketika masih di Kawasaki. Foto: worldsbk

NaikMotor – Putaran Kejuaraan Dunia Superbike di Belanda, akan berlangsung akhir pekan (19-21/4/2024). Ternyata sejak 2006, WorldSBK di Assen, Belanda itu hanya mencatatkan Jonathan Rea dan Alvaro Bautista dengan kemenangan terbanyak. 

Assen adalah tempat terjadinya banyak balapan penting. Doug Polen meraih kemenangan Superbike pertama pada tahun 1992 dengan Ducati 888. Antara tahun 1993 dan 1996 pemenangnya selalu Carl Fogarty, yang memenangkan balapan bersama Ducati dan Honda. Orang Inggris yang karismatik ini memiliki total dua belas kemenangan balapan.

Pembalap superbike tersukses hanya Jonathan Rea dengan 17 kemenangan di atas Honda dan Kawasaki, dari Pembalap aktif, hanya Alvaro Bautista yang mampu naik podium teratas dengan Ducati sebanyak 6 kali.

Pabrikan tersukses adalah Ducati dengan 31 kemenangan mengungguli Honda dan Kawasaki masing-masing 15 kemenangan.

Assen adalah ibu kota provinsi Drenthe di Belanda dan terletak sekitar 180 kilometer timur laut Amsterdam dan 30 kilometer selatan Groningen. Kota yang berpenduduk sekitar 66.000 jiwa ini memiliki tradisi roda dua yang panjang dan terkenal jauh melampaui batas Belanda sebagai pusat balap motor.

Baca Juga: Race2 WorldSBK 2024 Catalunya, Bautista Telah Kembali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here