Soal Blind Spot Kendaraan Besar yang Menyebabkan Pemotor Celaka

0
blind spot kendaraan besar
Kendaraan besar memilki blind spot yang perlu diketahui pemotor. Foto: paul tan

NaikMotor – Berkendara bersama kendaraan besar di jalan raya sering menyebabkan kecelakaan, seperti di daerah industri, Jalan Raya Cakung, Bekasi Raya, Jatake dan sebagainya. Penyebabnya, blind spot kendaraan besar yang menyebabkan pengemudi kendaraan besar tak mampu mengawasi dengan leluasa area sekelilingnya.

Area blind spot kendaraan besar disebabkan karena rancang bangunnya yang serba besar. Beberapa area di sekitar bodi dan trailer atau containernya tidak terlihat meski spion banyak terpasang.

Pada titik buta inilah para harus lebih berhati-hati, seperti contohnya pada saat berada di samping atau belakang kendaraan berukuran besar, tentunya bisa berbahaya bagi pengguna laku lintas lainnya. Area itulah yang wajib dipahami dan diketahui oleh pengendara sepeda motor dan kendaraan kecil lainnya.

Prof Dr Wong Shaw Voon dari Institut Penyelidikan Keselamatan Jalan Raya Malaysia (MIROS), menyebutkan, “Sepeda motor terlanggar oleh kendaraan besar, ketika memasuki area blind spot. Kendaraan berat seperti truk dan trailer mempunyai titik buta yang lebih banyak dan besar dibandingkan sepeda motor atau mobil.”

“Hal ini membuat pengendara tidak terlihat oleh pengemudi di titik buta itu terutama di belokan tajam,” papar Prof Voon seperti dikutip dati Paul Tan.org. (Afid/nm)

Baca Juga: Prediksi Bahaya Bagi Pengendara Sepeda Motor di Jalan

blind spot kendaraan besar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here