Ini Hasil Survey Mudik 2016 Tentang Pelayanan Polisi

0
Survey Mudik
Survey Mudik
Ilustrasi layanan Polisi. Foto: Merdeka.com

Jakarta (naikmotor) – Mudik tahunan menjadi tugas besar bagi aparatur Kepolisian Republik Indonesia (POLRI). Jalur jalan yang tadinya lengang dan sepi, menjadi penuh hiruk pikuk dan memunculkan banyak persoalan. Keterlibatan Polisi, dalam hal ini Korps Lalu lintas dalam kebisingan aktifitas mudik/balik selama lebaran.

Hal ini yang kemudian mendorong INPITCH (Indonesia Network for Public Service Watch) dan Berdikari Institut untuk melakukan sebuah Survey dalam rangka mengukur bagaimana persepsi dan pengalaman masyarakat, terutama mereka para pengguna jalan terhadap layanan para petugas kepolisian selama lebaran. Dari Sisi kepolisian Survey ini diharapkan nantinya dapat menjadi sebuah benchmark dan pertimbangan bagi internal kepolisian guna mendapatkan masukan atas upayanya memberikan pelayanan kepada masyarakat selama mudik lebaran.

Ada Enam indikator yang diukur dalam Survey Pelayanan Polisi selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2016. Enam indikator ini adalah (1) keberadaan, (2) Keramahan, (3) Kedisiplinan, (4) Kemampuan, (5) Sinergitas dan (6) Kejelasan Informasi.

Enam indikator ini diseleksi dari 15 (lima belas) indikator yang selama ini dijadikan indikator penilaian tingkat kualitas pelayanan sesuai Kepmen PAN No. 63/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Enam indikator ini merupakan indikator utama yang dirasa INPITCH dan Berdikari Institut paling memungkinkan untuk dinilai oleh masyarakat atas kinerja Korlantas POLRI dalam memberikan pelayanan selama lebaran. Dengan menggunakan IKM, maka indeks penilaian akan berada pada rentang 0 s/d 5 dimana nilai (0) untuk pelayanan yang buruk dan (5) untuk pelayanan yang sangat baik.

Survey dilakukan dengan metode Kuisioner Random Sampling, yang tersebar di 16 (enam belas) titik kemacetan sepanjang Jalur Mudik dan Balik di Pulau Jawa, mulai dari Pelabuhan Merak, hingga Jawa Timur. Survey ini melibatkan setidaknya 5.048 Responden dengan komposisi 70% pengguna Roda dua dan Roda empat, sedangkan sisanya Pemudik yang menggunakan Bus dan/atau kendaraan umum. Survey dilakukan mulai dari tanggal 3 s/d 5 Juli 2016 untuk mengcapture arus mudik, dan mulai dari tanggal 8 s/d 10 Juli untuk mengcapture arus balik. (Rls/nm)

Berikut tabel kepuasan pelayanan Kepolisian saat mudik/balik 2016:
No    Variabel    IKM*)    Nilai Kepuasan Masy**)
1    Keberadaan    4,38    87,63
2    Keramahan    3,99    79,80
3    Kedisiplinan    3,87    77,43
4    Kemampuan    3,83    76,66
5    Sinergitas    3,67    73,32
6    Kejelasan Informasi    3,77    75,48
Aggregat    3.92    78.39
*)  IKM: Indeks Kepuasan Masyarakat, skala penilaian: 0 – 5
**) Nilai Kepuasan Masyarakat, skala penilaian: 0 – 100, konversi dari IKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here