GIIAS 2016: Wapres Minta Kajian Soal Euro 4 di Indonesia

0
GIIAS 2016
GIIAS 2016
Wapres Jusuf Kalla membuka pameran GIIAS 2016. Foto: Arif

NaikMotor – Pameran Gaikindo Indonesia Interntional Auto Show 2016 (GIIAS 2016) telah resmi dibuka oleh Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla, Kamis (11/8/2016). GIIAS ke-24 itu akan berlangsung hingga 21 Agustus 2016 di ICE-BSD City, Tangerang.

Dalam sambutannya Wapres menekankan, “Pameran otomotif bisa memacu pertumbuhan ekonomi, dan teknologi sehat, bukan memacu konsumsi.  Industri otomotif telah menjadi parameter pertumbuhan di banyak negara maju karena sektor tersebut memiliki fungsi hulu dan hilir yang penting. Sebab industri otomotif bersifat multiplayer, ribuan industri hilir pendukungnya akan berkembang ketika hulunya berkembang. Seperti diler, bengkel dan spare part akan tumbuh. Kepemilikan kendaraan bisa menjadi tolok ukur kesejahteraan masyarakat Indonesia.”

Sementara berkaitan dengan tema GIIAS 2016, Green Technology for Better Future, Wapres mengapresiasinya sebagai kepekaan terhadap tuntutan jaman sehingga Pemerintah akan mendukungnya, “Saya kemarin sempat meminta kepada Kemenperin agar mengkaji bagaimana mobil dengan standar emisi Euro 4 agar segera diterapkan di Indonesia, agar menjadi bagian dari manufaktur otomotif serta meningkatkan ekspor,” kata Wapres.

Sementara Ketua Umum Gaikindo menyatakan dalam sambutannya, “Tujuan GIIAS 2016, menjadi wadah yang memberikan informasi terbaru di sektor otomotif, baik tentang teknologi ramah lingkungan, energi alternatif, maupun inovasi baru, dan perkembangan industri melalui lebih dari 30 kendaraan baru dan konsep. Termasuk world premiere mobil konsep yang pertama kali disaksikan di dunia.”

Selain Wakil Presiden Jusuf Kalla, acara pembukaan GIIAS 2016 juga dihadiri Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, dan Gubernur Banten, Rano Karno (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*