Hasil Tes MotoGP Australia Hari Kedua, Vinales Tak Tersentuh Marquez

3
Hasil Tes MotoGP Australia Hari Kedua
Vinales tak terkejar hingga akhir sesi tes MotoGP Australia hari kedua. Foto: Crash Media

NaikMotor –  Diwarnai pengujian desain fairing baru oleh Aprilia dan Suzuki, hasil tes MotoGP Australia hari kedua mengukuhkan dominasi Vinales sejak pagi hingga berakhirnya sesi tes, Kamis (16/2/2017) di Sirkuit Phillip Island.

Vinales tampil fantastis sejak awal tes dengan waktu terbaik 1 menit 28, 847 detik di lap ke-21 dan tidak ada satupun pembalap lain yang mampu menuai waktu di angka tersebut sekalipun Marquez. Namun, sebanyak 107 lap yang ditorehkan Marquez menjadikannya sebagai pembalap paling konsisten dengan membukukan waktu 1 menit 29 detik sampai terakhir.

hasil_tes_motogp_australia_2017-6
Fairing baru Suzuki GSX-RR Foto: Steve English

Race pace Marquez yang brilian sepanjang tes mendudukannya di urutan kedua disusul Cal Crutchlow di urutan ketiga. Hari kedua banyak kejutan yang disajikan seperti pencapaian pembalap satelit Alvaro Bautista dengan Ducati di urutan keempat serta Aleix Espargaro (Aprilia) di posisi keenam setelah Andrea Dovizioso. Folger juga tampil memukau dengan finis di urutan ketujuh di atas Rossi.

Sementara dari kubu Suzuki malah Alex Rins yang tampil menyakinkan di 10 besar dan mulai terlihat menyatu dengan Suzuki GSX-RR yang menjajal fairing baru terintegrasi winglet. Ia mampu meloncat dari urutan ke-15 di pagi hari dan bertahan di urutan kesembilan. Bentuk fairing winglet Suzuki berbeda dengan Yamaha dan lebih mirip desain wingket yang dilarang. Mereka baru memperlihatkan fairing barunya di 30 menit menjelang akhir tes.

aprilia1
Fairing baru Aprilia RS-GP Foto: Crash Media

Aprilia RS-GP besutan Aleix Espargaro menjadi yang keluar pertama di tes MotoGP Australia menggunakan fairing winglet baru. Sebenarnya sejak tes di Sepang akhir Januari 2017 lalu, Espargaro sudah mengisyaratkan desain “aneh” fairing Aprilia RS-GP. Ia menyatakan, “Fairing baru itu efeknya hampir 60% mirip dengan winglet asli, saat kami mengujinya di wind tunnel di Perugia, Italia.”

Fairing baru itu tampak dengan lubang angin ke mesin lebih maju ke depan dan windscreen lebih landai. Desain itu tampaknya dimaksudkan agar motor tetap mendapatkan downforce meski hanya separuhnya dibandingkan winglet sebelum dilarang dalam MotoGP.

Hasil tes MotoGP Australia hari kedua yang kurang beruntung malah menimpa pembalap lain seperti Jorge Lorenzo termasuk Iannone yang biasanya berjaya di akhir sesi. Sementara itu Pedrosa juga terkendala sakit yang membuatnya terpuruk di urutan ke-16. (Arif/nm)

hasil_tes_motogp_australia_2017-4

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

*