Nih, Kebijakan Motorsport Yamaha Global dan Daftar Tim Pabrikan 2017

1
kebijakan Motorsport Yamaha global dan daftar tim pabrikan 2017
Yamaha VR46 Riders Academy tetap menjadi program Yamaha global di 2017. Foto: Dok.Yamaha
NaikMotor – Yamaha Motor Co., Ltd. di Jepang pada 3 Maret 2017 mengumumkan kebijakan motorsport Yamaha global dan daftar tim pabrikan 2017 untuk semua kategori balapan.

Kebijakan dasar untuk kegiatan balap Yamaha tentu saja untuk meningkatkan nilai merek, mengembangkan teknologi canggih dan mempromosikan balap motor. Tahun 2016 pencapaian balap tertinggi Yamaha didapatkan dengan meriah juara dunia konstruktur serta peringkat dua dan ketiga di MotoGP, kemenangan di balap ketahanan bergengsi Suzuka 8 Hours Endurance dan beberapa podium di arena balap lainnya.

Yamaha secara global terus memperluas program strategis dalam penemuan dan pengembangan bakat muda sejak dua tahun lalu.  Yamaha Racing Team didirikan tahun lalu untuk bersaing di kelas Supersports 600 Asia Road Racing Championship (ARRC). Selain itu, bekerja sama dengan VR46 Riders Academy dengan Valentino Rossi melalui program Yamaha VR46 Master Camp dalam upaya memberikan kesempatan besar pembalap muda di ARRC memoles bakat dan skill mereka.

Dengan mengusung slogan Revs Your Heart, Yamaha kembali mempersiapkan platform balap secara global di tahun 2017 yang bertujuan untuk  meraih  banyak kemenangan   .

Di ajang MotoG, Yamaha Factory Racing Team – duet Rossi dan Vinales menjadi sebuah kekuatan besar . Khusus bagi Rossi, ia menargetkan bisa menjadi juara dunia untuk kesepuluhkalinya tahun ini. Sementara tim satelit Monster  Yamaha Tech3 akan dengan diperkuat oleh juara dunia Moto2 dua kali, Johann Zarco bersama Jonas Folger, peringkat ketujuh Moto2 2016 . Empat pembalap tersebut akan menggeber YZR-M1 dan berjuang membantu Yamaha merebut kembali Triple Crown setelah dominasi terakhirnya di kelas MotoGP tahun 2015.

Tahun lalu, Yamaha juga menyatakan kembali WSBK setelah absen lima tahun. Alex Lowes yang memberikan kontribusi kemenangan Yamaha di Suzuka 8 Hours dan peringkat 12 WSBK 2016 didampingi  juara dunia  World Supersport 2014, Michael van der Mark. Ia meraih peringkat keempat di WSBK musim lalu dan mengantarkan tim lamanya berjaya di Suzuka 8 Hours pada 2013 dan 2014. Kedua pembalap akan menggunakan YZF-R1 dalam upaya meraih kembali gelar juara dunia  sejak 2009.

Selain itu, Yamaha juga tahun di FIM World Supersport  (WorldSSP)  dengan tim  GRT Yamaha Official WorldSSP Team, melalui pembalapnya Lucas Mahias. Ia adalah pembalap resmi tim pabrikan Yamaha di balap ketahanan GMT94  tahun lalu dan akan berduet dengan pembalap Italia  Federico Caricasulo memacu  YZF-R6 terbaru. Sedangkan di kejuaraan Superstock 1000 Eropa (STK1000), Florian Marino dan Roberto Tamburini akan naik YZF-R1M untuk Pata Yamaha Official STK1000 Team.

Sementara di kejuaraan dunia balap ketahanan, tim GMT94 Yamaha Official EWC Team dan YART Yamaha Official EWC Team akan berkompetisi kembali menambah gelar juaranya.  Yamaha juga akan kembali turun di balap Suzuka 8 jam dengan tim pabrikan.  Sebagai tambahan, pembalap Jepang Kohta Nozane,yang biasa bertarung di All Japan Road Race Championship JSB1000 class tahun ini akan tampil  ebagai pembalap reguler dengan YART Yamaha Official EWC Team. (Arif/nm)

Daftar tim pabrikan Yamaha kategori road race 2017

Rider Team Machine
MotoGP World Championship
Valentino Rossi Movistar Yamaha MotoGP YZR-M1
Maverick Viñales
Johann Zarco Monster Yamaha Tech 3
Jonas Folger
MOTUL FIM World Superbike Championship
Alex Lowes Pata Yamaha Official WorldSBK Team YZF-R1
Michael van der Mark
FIM World Supersport Championship
Lucas Mahias GRT Yamaha Official WorldSSP Team YZF-R6
Federico Caricasulo
European Superstock 1000 Championship
Florian Marino Pata Yamaha Official STK1000 Team YZF-R1M
Roberto Tamburini
FIM Endurance World Championship
David Checa GMT94 Yamaha Official EWC Team YZF-R1
Mike Di Meglio
Niccolò Canepa
Broc Parkes YART Yamaha Official EWC Team
Marvin Fritz
Kohta Nozane
Max Neukirchner
MotoAmerica AMA/FIM North American Road Race Championship
Cameron Beaubier Monster Energy/Yamalube/Yamaha Factory Racing Team YZF-R1
Josh Hayes
Asia Road Racing Championship: SS600 Class
Yuki Ito Yamaha Racing Team YZF-R6
Keminth Kubo
Decha Kraisart Yamaha Thailand Racing Team
Chalermpol Polamai
Asia Road Racing Championship: AP250 Class
Anupad Sarmoon Yamaha Thailand Racing Team YZF-R25
Peerapong Luiboonpeng
Peerapong Boonlert
Galang Hendra Pratama Yamaha Racing Indonesia
Reynaldo Chrisantho Ratukore
Ahmad Afif Amran Hong Leong Yamaha Racing
Asia Road Racing Championship: UB150 Class
Wahyu Aji Trilaksana Yamaha Racing Indonesia JUPITER MX-KING

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here