Mengenal Yamaha Circuit Log Viewer

0
98

TipsYamahaCLV2

Sentul (naikmotor) Ada yang menarik saat Yamaha Sunday Race Seri pertama di Sirkuit Sentul (29/3), pembalap dari komunitas dan profesional yang menggunakan YZF-R15, R25 dan R6 diedukasi bagaimana mengasah skill balap secara terukur dengan Circuit Log Viewer atau CLV.

Modul-modul CLV yang saat itu memang baru terpasang pada 5 unit R25, memanfaatkan sensor-sensor untuk mengail data. Seperti sensor giroskopik untuk membaca kemiringan motor saat menikung, sensor kecepatan, sensor tekanan fluida rem, dan sensor pergerakan suspensi atau stroke serta sensor bukaan gas. Sedangkan pergerakan motor di sirkuit akan dibaca oleh receiver GPS yang diletakkan di ekor motor.

Data dari sensor-sensor dan pergerakan dari GPS akan disimpan oleh modul dalam SD Card. Kemudian diolah program di komputer, dan akan menampilkan secara grafis bagaimana pebalap membuka menutup gas, berapa derajat memiringkan motornya saat menikung, seberapa kuat menekan tuas rem depan dan belakang.

Selain itu CLV pun akan menampilkan reaksi yang dihasilkan motor seperti berapa kecepatan saat menikung, sudut kemudi, stroke suspensi depan dan belakang.

Soal penilaian bagaimana kualitas racing pembalap tersebut, CLV akan membandingkannya dengan data yang ada sebelumnya yang dianggap sebagai default. Data pembanding adalah data terbaik yang dilakukan oleh pembalap profesional, di sirkuit yang sama dan motor yang sama.(af/NM)

TipsYamahaCLV

LEAVE A REPLY

*