Dampak Sponsorship Federal Oil di Moto2, Jualan Federal Racing Naik

0
202
Sponsorship Federal Oil
Kedatangan Sam Lowes ke Indonesua tahun lalu ikut mendongkrak penjualan oli Federal Racing. Foto: Dok. NMC

NaikMotor- Tidak bisa dipungkiri, dampak sponsorship Federal Oil di Moto2 bersama tim Gresini Racing ikut berpengaruh terhadap performa produk pelumas buatan PT Federal Karyatama , khususnya oli Federal Racing.

Federal Oil sudah terjun ke arena balap Moto2 sejak 2012 bersama Gresini Racing saat itu mendukung pembalap Gino Rea. Setahun berikutnya ikut mendorong pembalap lokal, Doni Tata berkiprah di kelas 600cc. Sayang prestasinya tak kunjung membaik, hingga tahun 2014 masuk Xavier Simeon hingga 2015. Nah, tahun 2016, Federal Oil menggandeng Sam Lowes mengisi skuadnya.

Patrick Adhiatmadja, President Director PT. Federal Karyatama mengatakan, keterlibatan sponsorship Federal Oil di kancah balapan dunia memang tidak secara langsung bisa membuat orang langsung membeli produknya (call to action), namun secara brand awareness terus meningkat.

“ Di awal tahun 2014, begitu kita mendukung pembalap lokal, semua orang ingin tahu hingga membuat awareness kita tinggi, tapi setelah April turun lagi, karena sudah tidak keliatan di TV. Puncaknya sih jaman Sam Lowes, di mana performanya juga lagi bagus karena masuk papan atas membuat nama kita ikut terangkat. Artinya prestasi pembalap juga menentukan. Makanya tahun lalu kita undang Sam Lowes datang ke Indonesia,” sebut Patrick.

Patrick menambahkan, Hal ini yang membuat pencapaian Federal Oil di tahun lalu cukup baik dengan market share sekitar 20 persen. “ Pelumas matik belum begitu banyak karena pasarnya sendiri  masih sedikit. Yang meningkat dari Federal Racing yakni pelumas untuk motor sport. Perbandingannya satu banding tiga, karena oli matik hanya 25 persen dari total penjualan  ” sebut Patrick.

Namun Patrick mengatakan, data tersebut merupakan data yang berasal dari metodelogi yang pihaknya gunakan. Karena hingga saat ini, untuk pelumas sendiri belum ada hitungan data nasional untuk penggunaan pelumas di Indonesia.” Jadi kita yah kita pakai metodelogi yang kita pakai adalah dengan menghitung populasi motor selama 10 tahun berjalan.”

Tahun ini, Federal Oil Gresini Moto2 merekrut debutan baru yakni Jorge Navarro yang naik dari Moto3. “ Sebagai pembalap baru potensinya sudah lumayan bisa masuk lima besar di tes Jerez. Semoga kita juga bisa membawa Navarro nanti ke Indonesia,” harap Patrick.

Federal Oil Gresini Moto2 Team
Jorge Navarro, pembalap Federal Oil Gresini Moto2 Team yang didukung juga oleh Uma Racing. Foto: Gresini

Federal Racing adalah salah satu oli sintetis yang menjadi andalan Federal Oil. Produknya memiliki viskositas SAE 10W-40 dengan API Service SL dan memenuhi standar JASO MA2 atau pelumas untuk mesin motor dengan kopling terendam oli atau wet clutch, seperti pada sportbike dan underbone/ bebek. Hal ini membuat pelumasan komponen metal mesin tetap optimal, tetapi pada kopling malah meningkat gaya geseknya. Sehingga tenaga mesin akan tersalur lebih optimal. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*