Resmi, Akhirnya Thailand Jadi Tuan Rumah MotoGP 2018

0
Thailand jadi tuan rumah MotoGP 2018
Sirkuit Chang International Circuit di Buriram, Thailand jadi tuan rumah MotoGP 2018. Berkat dukungan Pemerintah Thailand. Foto: Crash.net

NaikMotor – Akhirnya Dorna menyatakan Thailand jadi tuan rumah MotoGP 2018. Seperti yang dinyatakan kepada media Speedweek.com.

Padahal sebelumnya, berulangkali petinggi promotor MotoGP itu menyatakan “bisa jadi”, jika ditanyakan apakah Thailand jadi tuan rumah MotoGP 2018.

Maka berarti salah satu seri MotoGP musim 2018 akan berlangsung di Chang International Circuit di Buriram, Thailand. Sirkuit itu terletak sekitar 400 km di Utara ibukota Thailand, Bangkok, dan sejak 2015 telah menjadi tempat penyelenggaraan balapan sepeda motor dunia WorldSBK Championship.

Jika demikian, maka Chang International Ciscuit akan menjadi sirkuit yang benar-benar baru pertama yang ditambahkan dalam kalender MotoGP 2018. Sementara itu, sirkuit baru terakhir yang masuk dalam kalender adalah Termas de Rio Hondo di Argentina pada tahun 2014.

Mengaca pada jumlah penonton yang berhasil dihimpun dalam tiap penyelenggaraan WSBK yang berjumlah 80 ribu orang, maka diperkirakan penonton langsung di sirkuit Thailand itu pun tak akan jauh berbeda saat digelarnya MotoGP. Itu artinya, Buriram akan menjadi sirkuit paling ramai dalam kalender MotoGP 2018, mengalahkan sirkuit Imola yang dihadiri sekitar 68 ribu orang penonton langsung di sirkuit.

Dengan masuknya Thailand dalam kalender MotoGP 2018, maka kesempatan menjadi penyelenggara MotoGP hanya tinggal satu sirkuit baru yang akan diperebutkan oleh 4 negara lainnya yakni Finlandia, Kazakhstan, Hongaria dan Indonesia.

Tetapi dari kabar terakhir, Finlandia telah memutuskan baru akan siap menjadi penyelenggara MotoGP pada 2019, sehingga kesempatan akan lebih besar kepada Indonesia yang tengah kebut pembangunan sirkuit di Sumatera Selatan dan tentunya penyediaan fee penyelenggaraan . (Eky/Afid/nm)

LEAVE A REPLY