Indonesia Rider Expedition Menjelajahi Eropa 3.200 KM di Atas Motor

0
Indonesia Rider Expedition
Rute Indonesia Rider Expedition sejauh 2.600 hingga 3.200 km dalam seminggu. Foto: istimewa

NaikMotor – Sebanyak 12 motoris Indonesia akan tergabung dalam Indonesia Rider Expedition (IRE) menjelajahi Eropa 3.200 km di atas sepeda motor. Expedisi akan berlangsung seminggu, 16-22 April 2017, dari Amsterdam – Milan pp.

Wijaya Kusuma Soebroto, tim leader IRE menjelaskan, “Ini ekspedisi eksplorasi Eropa sambil mengambil pengalaman touring di negera-negara Eropa yang berpemandangan indah. Mereka akan merasakan pengalaman berbeda, dari segi kondisi lalu lintas, regulasi, budaya hingga sensasi berkendara di pegunungan Alpen.”

Para peserta IRE itu akan berkendara dengan berbagai sepeda motor jenis adventure tourer produk khusus Eropa seperti Honda Africa Twin, Honda Cross Tourer, Suzuki DL 1000 dan Honda NC800. Dengan jarak tempuh rata-rata 450 km per hari, mereka akan mengatasi tantangan berkendara di lalu lintas kanan. Batasan kecepatan yang beragam di setiap negara, umumnya sekitar 120-130 km / jam di jalan bebas hambatan, 80-90km / jam di luar kota, dan 50-70 km / jam di daerah perkotaan.

Belum termasuk denda tilang yang tinggi, contoh: Di Belgia jika Anda melebihi batas kecepatan dengan kurang dari 40 km / jam Anda dikenakan fine / tiket senilai Euro 60-350, tetapi itu berlaku bagi seorang warga Belgia. Jika bukan, maka denda sebesar Euro 250-1.500 siap menanti. Ada aturan ketat di seluruh Eropa yang tidak bisa tawar-tawar yakni motoris wajib menggunakan helm standar CE, tidak boleh menggunakan helm standar yang ekuivalen seperti DOT, SNELL dan lain-lain, serta sarung tangan pun sudah wajib.

Di Jerman, motoris IRE akan merasakan Autobahn (tol) yang tidak memiliki batasan kecepatan. Meski mereka hanya akan merasakannya di sekitar Strassbourg saja. Sebab menurut Wijaya Kusuma, “Jika lewat Autobahn akan membosankan selain itu akan melewatkan Luxembourg negera Benelux terindah.

Indonesia Rider Expedition
Stelvio Pass-Italia akan menguji adrenalin dan skill peserta Indonesia Rider Expedition. Foto: istimewa

Kalau keadaan cuaca bagus tidak hujan dan salju di pegunungan Alpen maka akan menuju Stelvio Pass di Utara Italia. Di rute tertinggi di Timur Alpen, berketinggian 2.757 m dari permukaan laut, yang berkelok-kelok tajam sebanyak 48 hairpin. Rute kedua tertinggi di seluruh Alpen itu disebut-sebut sebagai area paling menantang skill berkendara, dengan suhu sekitar 13 derajat Celcius (musim semi).
Area di ketinggian seperti Fluelapass-Switzerland, Mont Ventoux to L’Alpe-d’Huez di Perancis, hingga Verdon Gorge di Perancis serta Saint Gotthard Pass di Swiss menjadi agenda touring menantang adrenalin lain yang dibayar dengan keindahan Alpen.
Perjalanan Indonesia Rider Expedition yang menempuh Belanda-Belgia-Luxemburg-Italia-Perancis-Belgia-Belanda itu akan diakhiri dengan perjalanan dari Paris melalui Antwerp Belgia dan menempuh perjalanan terjauh, 530 km ke Amsterdam. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*