Tantangan Modifikator All New Honda CBR250RR

0
Tantangan Modifikator All New Honda CBR250RR
Honda Dream Ride Project memberikan sarana para modifikator untuk terus berkreasi dengan karya yang berkelas dan mumpuni. Foto: Yusuf Arief

NaikMotor — Memodifikasi All New Honda CBR250RR menjadi sebuah karya yang berkelas dan  mumpuni bukanlah perkara mudah. Selain dibutuhkan konsep yang matang, para modifikator yang tergabung dalam Honda Dream Ride Project ditantang untuk dapat menuangkan idenya dalam sebuah sepeda motor sport yang terkenal di arena balap.

“Kami memberikan sarana bagi 3 modifikator pemenang Honda Modif Contest (HMC) 2016 untuk terus berkreasi dan berkarya dengan hasil yang berkelas. Faktanya All New Honda CBR250RR yang telah dikenal masyarakat akan kemampuannya di ajang balap juga bisa dimodifikasi dengan tampilan yang luar biasa tanpa mengurangi kenyamanan berkendara,” ujar Agustinus Indraputra, General Manager Marketing Planning and Analysis PT Astra Honda Motor, kepada naikmotor.com di Jogjakarta, (10/7/2017).

Sebelum mengubah sepeda motor seharga Rp 68, 9 juta ini, 3 modifikator telah mendapat bimbingan mentor dari tim ahli Honda Motorcycle Research and Development Center yang didatangkan dari Jepang bersama tim Product Development AHM, Kaichiro Kurosu dari International Custom Builder dan wartawan Tabloid Motor Plus.

Tantangan Modifikator All New Honda CBR250RR
Budi Setiawan puas dengan hasil karyanya mengubah Honda CBR250RR dengan Neo Scrambler. Foto: Yusuf Arief

Budi Setiawan dari Gadang Cycles Malang, Jawa Timur, yang mengusung konsep Neo Scrambler, mengatakan, dari awal hingga hasil akhir dikerjakan sendiri. Hampir semua part dicustom, mulai dari kaki-kaki, tromol, swing arm, frame, body hingga detailing part.

“Saya sangat puas dengan hasil akhir. Meski waktu pengerjaan kurang dari 3 bulan dan dengan keterbatasan tenaga,” aku pemenang Free For All National HMC 2016.

Hal senada juga diungkapkan oleh Peterson Rivai sebagai pemenang Matic National HMC 2016. Waktu pekerjaan yang singkat dan pengalaman baru pertama merombak motor sport menjadi kendala yang dihadapi.

Tantangan Modifikator All New Honda CBR250RR
Sentuhan Peterson Rivai patut diacungi jempol. Foto: Yusuf Arief

Namun karena kesukaannya terhadap hal yang berbau futuristic dan ingin membuat All New Honda CBR250RR lebih futuristic lagi, kendala tersebut bukan menjadi sesuatu yang mendasar.

“Hasil akhir Konsep Future Sport Bike sudah lumayan sesuai keinginan saya, tapi belum sempurna seperti yang saya mau,” ungkap Punggawa Zone Modified Project, Bandung, Jawa Barat.

Lain halnya dengan Yuwono Jati dari Lunatic Custom Motorcycle yang meracik Honda CBR250RR menjadi Neo Cafe Racer yang menggabungkan konsep classic dan modern.

Menurutnya, kesulitan utamanya adalah bagaimana menyelesaikan tantangan yang diberikan Honda Dream Ride semaksimal mungkin. Karena berkaitan dengan desain, budget dan waktu.

Tantangan Modifikator All New Honda CBR250RR
Juwono Jati, Kesulitan utamanya adalah bagaimana menyelesaikan tantangan yang diberikan Honda Dream Ride semaksimal mungkin. Foto: Yusuf Arief

“Kita harus bisa menerjemahkan desain final yang sudah disepakati dengan budget yang diberikan serta waktu yang bisa di bilang singkat. Ini  tantangannya.” papar pemenang kelas Cub & Sport National HMC 2016.

Jati mencoba menghilangkan image CBR250RR sebagai motor sport ke tampilan classic modern dengan mengubah total body dan sebagian subframe. Namun masih terlihat jelas ciri khas CBR250RR pada tangki dan lampu depan yang memang tidak boleh diubah.

kesulitan utamanya adalah bagaimana menyelesaikan tantangan yang diberikan Honda Dream Ride semaksimal mungkin

Bukan hanya tampilan yang menjadi konsen Budi Setiawan, Peterson Rivai dan Yuwono Jati dalam menghasilkan karya terbaiknya. Namun lebih dari itu, tantangan untuk dapat memberikan kenyamanan dan keamanan saat menunggangi CBR250RR yang telah dimodifikasi menjadi hal yang utama.

Mau tau bagaimana rasanya menggeber motor hasil karya mereka? tunggu saja liputannya di www.naikmotor.com (YA/ NM)

LEAVE A REPLY