Dapat Penalti 2 Lap Bikin AHRT Apes Tanpa Podium Suzuka 4 Hours

0
AHRT Apes Tanpa Podium Suzuka 4 Hours
Mendapat penalti 2 lap membuat AHRT kehilangan podium di Suzuka 4 Hours 2017. Foto: captured

NaikMotor – Para pemirsa yang melihat live streaming jalannya lomba Suzuka 4 Hours 2017 banyak bertanya, soal posisi ketiga yang harusnya diraih tim Astra Honda Racing Team. Yang naik podium ketiga malah tim Kawasaki Manual Tech selain Yamaha Thailand dan Akeno Speed. Ternyata, kena penalti 2 lap yang membuat AHRT apes tanpa podium Suzuka 4 Hours tahun ini.

Start Suzuka 4 Hours, Sabtu (29/7/2017) sempat ditunda akibat hujan yang mengguyur dan diputuskan hanya 3,5 jam. Rheza Danica sebagai pembalap pertama sempat memimpin hingga lap ke-11 sebelum masuk pit stop untuk mengganti ban kering. Tandemnya Awhin Sanjaya meski baru pertama turun di kejuaraan internasional menggunakan Supersport 600 juga memperlihatkan performa baik.

Mereka meraih posisi keempat setelah balapan berjalan dua jam pertama. Di lap ke-47 satu setengah jam sebelum balapan berakhir, terjadi kecelakaan hebat yang membuat safety car masuk lintasan, balapan dihentikan sekitar 20 menit dan diputuskan balapan hanya tersisa satu jam.

AHRT Apes Tanpa Podium Suzuka 4 Hours

Di akhir balap berlangsung menegangkan, Awhin yang bertugas menyelesaikan lomba, berhasil meraih posisi ketiga dan membukukan total 83 lap. Semua berjalan baik-baik saja dan keduanya pun terlihat di ruangan sebelum naik podium.

Sampai akhirnya, tim AHRT mendapat informasi soal penalti yang dijatuhkan kepada pembalapnya (Awhin Sanjaya) akibat menyalip pembalap lain saat bendera kuning masih dikibarkan.

Padahal, menurut laporan Otomotifnet yang menyaksikan langsung ke Suzuka, yang disusul Awhin pun adalah pembalap backmarker. Malah, hasil keterangan Awhin, ia melakukannya karena sudah melihat kibaran bendera hijau. Namun, regulasi di sana membolehkan bisa mendahului pembalap lain setelah melewati garis pos marshal atau titik di mana bendera itu dikibarkan.

Kejadian ini membuat AHRT apes tanpa podium Suzuka 4 Hours karena mereka harus mendapat hukuman penalti penambahan waktu 2 lap hingga harus turun ke posisi ketujuh sesuai regulasi MFJ (Motorcycle Federation of Japan).

“Ya seperti saya bilang sebelumnya, balap endurance banyak faktor yang menentukan kemenangan. Bukan hanya motor kencang tapi ada tim dan strategi juga faktor di luar itu,” ungkap Anggono Iriawan, Senior Manager Safety Riding & Motorsports Departement PT Astra Honda Motor seperti dikutip Otomotifnet. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here