Perbedaan Gaya Membalap WSBK dan MotoGP Versi Jonathan Rea

0
Perbedaan Gaya Membalap WSBK dan MotoGP
Jonathan Rea: Rea, gaya membalap di MotoGP tidak cocok jika diterapkan di WSBK. Foto: Berbagai Sumber

NaikMotor – Juara dunia WSBK dua kali beturut-turut Jonathan Rea diundang untuk menjadi komentator di MotoGP Inggris, Silverstone akhir pekan lalu. Menariknya, pembalap Kawasaki Team itu pun membeberkan perbedaan gaya membalap WSBK dan MotoGP.

Hal ini diamatinya saat pembalap WSBK dan MotoGP melakukan tes di Jerez November 2016 lalu. Perbedaan paling jelas katanya soal posisi badan yang lebih membungkuk di MotoGP. Juga kemudian soal sikut yang ‘ikut’ main mengarahkan motor.

Lean angle Marc Marquez di tikungan.

“Pada tes di Jerez, pembalap WSBK berbagi trek dengan MotoGP, dan kami dapat membandingkan (gaya membalap) saat di MotoGP dan Superbike. Itu sangat menarik, karena saya berdiri di jalur, saya bisa melihat bagaimana orang-orang ini (pembalap MotoGP) membungkuk,” katanya.

Namun kata Rea, gaya membalap di MotoGP tidak cocok jika diterapkan di WSBK. “Riding dengan siku menyentuh tanah adalah gaya yang tidak banyak bekerja di Superbike, karena kami tidak bisa menekuk (stang) dengan kecenderungan itu,” imbuhnya.

Lean angle Jonathan Rea masuk tikungan.

Rea mengaku memperhatikan bagaimana Valentino Rossi dan Marc Marquez menekuk motor di tikungan panjang Long Curve Club di Jerez. Namun sekali lagi, hal itu bisa bekerja di MotoGP karena motor dan ban yang dirancang ‘menggigit’ sempurna.

“Ban kami (WSBK) tidak memiliki banyak grip karena Pirelli bertujuan untuk performa akselerasi. Kami fokus pada pengereman dan kemudian melaju dengan cepat. Bedanya (MotoGP) tidak menahan atau mempercepat motor karena motornya lebih cepat dari kami. Sedangkan kami berusaha memaksimalkan karakteristik ban kami,” katanya.

Posisi badan Marquez saat keluar tikungan.

Seperti diketahui gaya membalap di MotoGP juga telah berubah sejak awal milenium. Perubahan paling jelas terlihat sejak musim 2010. Motor makin cepat memaksa pembalap harus mengubah riding style, dan gaya balap yang makin populer yakni dipertontonkan Marquez.

Saat ini pembalap MotoGP tidak lagi terlalu membuka dengkul dan terus menunduk saat masuk atau keluar tikungan. Alhasil lean angle atau sudut masuk saat belok juga semakin miring, sehingga dengkul ditutup dan siku dibuka untuk jadi jangkar saat belok.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

*