Pabrik AHM Didukung 1.180 Suplier Komponen Lokal

0
Komponen-lokal-AHM
Menteri Perindustrian Saleh Husin didampingi oleh (kedua kanan) President Director AHM Toshiyuki Inuma, dan (kedua kanan) Executive Vice President Director AHM Johannes Loman menyaksikan pameran local konten sepeda motor Honda pada acara ekspor perdana AHM di pabrik perakitan AHM, Cikarang (26/5).

Cikarang (naikmotor) – AHM didukung oleh 1.180 suplier komponen lokal yang melibatkan lebih dari 76 ribu karyawan. Nilai ekspor komponen sepeda motor mencapai Rp853 miliar per tahun dan akan semakin meningkat ke depannya.

All New Honda BeAT eSP diproduksi dan dirakit langsung oleh putra-putra bangsa terpilih di pabrik AHM Cikarang, Jawa Barat dengan kandungan komponen lokal 98,8%.

Tingginya kandungan komponen lokal ini mencerminkan besarnya kemampuan produsen suku cadang di dalam negeri dalam memproduksi komponen berkualitas yang dibutuhkan AHM. Tercatat sebanyak 86 perusahaan dalam negeri binaan AHM yang terlibat dalam produksi model skutik terlaris di dunia ini.

Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman mengatakan, dukungan perusahan komponen nasional yang memiliki daya saing tinggi dari sisi kualitas dan biaya, menjadikan AHM mampu memberikan produk dengan harga kompetitif dan berkualitas tinggi.

Untuk bisa memproduksi sepeda motor yang berkualitas dan punya daya saing di pasar ekspor, AHM didukung oleh 1.180 suplier produsen komponen lokal yang melibatkan lebih dari 76 ribu karyawan. Dan semuanya mampu memenuhi standar tinggi yang ditetapkan perusahaan.

“Secara tidak langsung, ekspor Honda BeAT ini akan menciptakan multiplier efek yang positif di rantai bisnis kami terutama di kalangan produsen komponen. Kami yakin kegiatan ekspor ini akan mendorong meningkatnya pergerakan roda industri di sisi hulu industri otomotif di Tanah Air dan tentu saja akan meningkatkan kontribusi devisa bagi Negara.”

Selain melakukan ekspor sepeda motor, melalui anak perusahaan dan jaringan bisnisnya, nilai ekspor komponen sepeda motor mencapai Rp853 miliar per tahun dan akan semakin meningkat ke depannya. Komponen-komponen buatan dalam negeri ini telah diekspor ke berbagai negara di lingkup ASEAN, Asia, Eropa, hingga Amerika.

Komponen-komponen sepeda motor yang telah diekspor antara lain berupa Disc Brake, Rear Cushion, Fuel pump, Light Assy Head, Body Assy, Piston, dan komponen lainnya. Adapun perusahaan dalam negeri yang terlibat sebanyak 11 perusahaan yakni PT Showa Indonesia Manufacturing, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Musashi Auto Parts Indonesia, PT Toyo Denso Indonesia, PT Mitsuba Indonesia, PT Indonesia Stanley, PT Indonesia Nippon Seiki, PT Honda Lock Indonesia, PT Astra Otoparts, Divisi Nusa Metal, PT Indokarlo Perkasa, PT Federal Izumi Mfg.

“Kami berharap ekspor unit dan komponen sepeda motor Honda ini dapat memberikan manfaat besar bagi industri komponen dalam negeri sekaligus memberikan kebanggaan bagi bangsa. AHM bersama jaringan bisnisnya berkomitmen untuk terus mengembangkan bisnis dan memperkuat kontribusinya dalam pembangunan bangsa,” sebut Johannes Loman. (rls/NM)

LEAVE A REPLY