Cake Kalk, Motocross Listrik Lebih Ringan dari Yamaha Mio M3

0
248
Cake Kalk
Cake Kalk merupakan motorcross listrik. Foto: Visordown

NaikMotor – Teknologi tidak bisa dibendung, begitu juga dengan kehadiran motor listrik. Suka atau tidak motor tanpa suara dan emisi akan eksis, dan semua pabrikan bakal berlomba menghadirkan motor listrik dengan keunggulannya masing-masing.

Tidak terkecuali dengan pabrikan motor asal Swedia bernama Cake. Meski namanya sedikit janggal karena bermakna ‘kue’ dalam bahasa Indonesia, Cake mampu memberikan warna baru buat prototipe motor listrik dengan memperkenalkan Cake Kalk.

Cake Kalk

Cake Kalk merupakan motor listrik bertema off road. Berbeda dengan desain motor listrik lain bertema off road seperti Alta Motors tau konsep Yamaha PED2, desain Cake Kalk sangat simpel dan dengan kemampuan jelajah sangat baik.

Kalk dibuat dari bahan-bahan berkualitas super. Rangkanya diadopsi dari alumunium cangguh yang dipakai industri aviasi (pesawat). Rangka Kalk bibuat dengan teknik CNC alias dibubut, bagian lain yang terlihat dibuat dari bahan serat karbon.

Cake Kalk

Tak heran kemudian bobot bersih Kalk hanya 70 kg atau lebih ringan 22 kg dari bobot kering Yamaha Mio M3. Selain berat, fitur penunjang lain yakni aplikasi suspensi Ohlins depan belakang yang dikembangkan secara khusus buat Kalk.

Tenaga penggerak menggunakan motor listrik kelas menengah dengan kemampuan 15kW. Motor didukung baterai 51,8 Volt, 50Ah. Sistem itu mampu membuat motor digeber sampai 50 km/jam, torsi maksimum sampai 31ft-lb dan memiliki jarak tempuh 50 mil.

Meski tampak menjanjikan Cake belum akan membuatnya secara masif. Untuk batch pertama Kalk hanya akan dibuat 50 unit. Konsumen yang tertarik dapat melakukan pemesanan. Unitnya kemungkinan diproduksi akhir 2018. Harga 12.300 pound atau Rp 234 jutaan.(Agl/nm)

Cake Kalk

LEAVE A REPLY

*