Senggolan Rossi-Marquez, Mike Webb: Murni Insiden Balap!

0
Rossi--Marquez-Touches-Assen
Race Direction MotoGP yang diwakili Mike Webb memutuskan senggolan Rossi vs Marquez di chicane terakhir Assen adalah murni insiden balapan.

Assen (naikmotor) – Insiden senggolan yang terjadi antara Valentino Rossi dan Marc Marquez di chicane (tikungan S) sebelum garis finish, memang jadi kontradiksi antara kedua pembalap tersebut. Baik Rossi maupun Marquez, keduanya berkomentar bahwa mereka berada di posisi yang benar.

Namun menurut hasil investigasi yang dirilis oleh direksi balapan dalam hal ini Mike Webb, bahwa senggolan antara kedua pembalap itu adalah murni insiden balapan. Rossi tetap sah keluar sebagai pemenang meski terlihat memotong jalur melalui gravel dan akhirnya unggul dengan selisih 1 detik lebih.

“Kami mempelajari insiden tersebut dari seluruh angle kamera yang ada di sirkuit dan merekam insiden. Keputusan kami adalah ini murni insiden balap. Tidak ada yang meraih keuntungan atas pembalap lain. Pengambilan keputusan ini kami dasarkan pada rekaman kamera dari helikopter. Dimana posisi Rossi memang tidak pernah berada di belakang, atau posisi motor lebih di belakang ketimbang Marquez,” papar Webb.

“Jadi posisi Rossi masih berada di depan. Ia belum tersalip sedikit pun. Jadi ketika Marquez memutuskan mengambil jalur sebelah dalam dan tiba di tikungan hampir bersamaan hingga bersenggolan, jadi momen yang tidak bisa dihindari Rossi. Itu sudah akhir ceritanya,” imbuh Webb.

Belum ada tanggapan dari manajemen Repsol Honda mengenai hal ini. Tapi jika ada analisa lain yang berbeda dari pandangan direksi balap MotoGP di Assen, rasanya akan menarik diikuti perkembangannya. (Spy/NM) Foto: Dorna MotoGP

LEAVE A REPLY

*