Dana Seret, Forward Racing Mundur dari MotoGP Indianapolis

0
Forward-Racing-mundur-MotoGP-Indianapolis-2015
Akibat bosnya ditangkap karena masalah pencucian uang dan penggelapan pajak, Forward Racing memutuskan mundur dari MotoGP Indianapolis 2015. Foto: Forward Racing

Swiss (naikmotor) – Masalah besar yang menimpa tim Forward Racing ketika bos mereka tertangkap karena melakukan pencucian dana dan penggelapan pajak, adalah karena finansial tim dan rekening tempat penyimpanan dana sponsorship atas nama Giovanni Cuzari.

Yap, Cuzari akhirnya tertangkap polisi di Swiss dan dinyatakan bahwa semua rekening atas namanya langsung dibekukan oleh pihak Bank tempat Ia menyimpan dana tersebut. Akhirnya tim balap Forward Racing pun tak bisa berbuat apa-apa. Lantaran semua pembiayaan tim, tak bisa dicairkan.

Solusinya, tentu tim ini harus punya akun dan rekening baru secara terpisah. Mengingat, mereka justru jadi imbas atas kesalahan yang tidak mereka lakukan. Tapi takkan mudah, sebab tim ini juga masih tetap di bawah nama Cuzari.

“Problem utamanya adalah sumber dana tim ini, tidak bisa kami akses. Meski pihak sponsorship siap memberi bantuan sekitar EUR50.000 hingga EUR100.000 (Rp700 juta-Rp1,5 miliar), namun kami butuh paling tidak EUR2 juta (Rp29 miliar) untuk menyelesaikan musim balap, tanpa melakukan up grade komponen atau menambah fasilitas baru dalam tim ini,” kisah Marco Curioni selaku manager tim Forward Racing.

Gambaran ini mengindikasikan bahwa bantuan sangat mereka harapkan bukan hanya dari Dorna Sports selaku promotor event MotoGP, namun juga dari seluruh tim dalam naungan IRTA (International Road Racing Teams Association) yang berkompetisi di MotoGP.

“Kami sangat membutuhkan dukungan dari IRTA, namun bantuan harus diberikan dalam waktu yang singkat. Mengingat paket untuk MotoGP 2016 sudah akan diproduksi dalam waktu dekat. Jadi jika tidak ada kepastian nasib kami untuk 2016, kesempatan untuk bertahan di MotoGP akan kecil. Saya sendiri tidak dalam posisi untuk mengambil keputusan penting, makanya kami butuh bantuan paling tidak dari IRTA,” ujarnya.

Hal yang paling menyedihkan bagi Dorna Sports adalah jika tim ini bakal mati suri, maka Stefan Bradl harus jadi pembalap utama yang mereka selamatkan. Lantaran hanya Ia yang jadi wakil pembalap asal Jerman di kelas MotoGP. Tanpa Bradl, maka eksistensi sponsorship atau pun jumlah penonton untuk MotoGP dari Jerman bakal menurun.

Sekarang, tim ini sudah memutuskan untuk mundur dari MotoGP Indianapolis dalam waktu dua pekan mendatang. Mereka akan fokus untuk bisa turun dan kembali mengawali kiprah mereka di MotoGP Ceko. Jika di Ceko pun mereka tak turun, kemungkinan besar posisi tim Forward Racing untuk MotoGP 2016, bakal terdepak. (Spy/NM)

 

LEAVE A REPLY

*