Piaggio Group Alami Peningkatan Penjualan di Kuartal Pertama 2022

0
102
Piaggio Group
Piaggio Group merilis laporan keuangannya pada kuartal pertama (Q1) tahun 2022. Foto: Piaggio

NaikMotor – Piaggio Group berhasil mengalami peningkatan dalam hal penjualannya di kuartal pertama (Q1) tahun 2022. Pihaknya pun merilis data hasil penjualannya tersebut.

Per 31 Maret 2022, Piaggio Group telah menjual total 119.000 kendaraan roda dua di seluruh dunia, di mana hasil ini meningkat 15,3 persen dari penjualannya sebanyak 103.200 unit pada 31 Maret 2021.

Hal ini menghasilkan penjualan bersih meningkat sebesar 26 persen dari 296,9 juta euro ke 374 juta euro. Angka tersebut termasuk penjualan suku cadang dan aksesoris dengan omzet mencapai 29,4 juta euro pada 31 Maret 2021.

Piaggio Group
Peningkatan penjualan Piaggio Group.

Penjualan roda dua sangat kuat di Asia Pasifik pada Q1 2022 (+32,8 persen), yang kemudian diikuti oleh EMEA (+27,6 persen), dan Amerika Serikat (+25,8 persen).

Di kancah Eropa, Piaggio Group menegaskan kepemimpinannya di segmen skuter sebanyak 21 persen dan mempertahankan posisinya di Amerika Utara sebanyak 25,3 persen. Di Amerika Utara, Piaggio Group juga bekerja untuk mengkonsolidasikan kehadirannya di pasar sepeda motor dengan merek Aprilia dan Moto Guzzi.

Vespa X Justin Bieber
Vespa berkolaborasi dengan Justin Bieber.

Di sektor skuter, Piaggio Group melaporkan bahwa ada lebih dari 12,4 persen peningkatan dalam hal penjualan merek Vespa di tingkat global. Kenaikannya mencapai dua digit di Eropa, Amerika, dan Asia Pasifik.

Menurut Roberto Colaninno, Ketua dan CEO Piaggio Group, hasil positif ini didapatkannya tidak hanya melalui aspek-aspek tersebut, tetapi juga berkat manajemen keuangannya yang baik.

Aleix Espargaro
Aleix Espargaro, pembalap Aprilia Racing, meraih podium pertama di MotoGP Argentina 2022.

“Piaggio Group menutup kuartal pertama tahun 2022 dengan hasil yang sangat positif di tingkat global. Penjualan bersih konsolidasi, EBITDA dan laba bersih mencapai level terbaik untuk kuartal pertama. Melalui manajemen keuangan yang cermat, kami terus memantau dampak krisis, masalah serius antara Rusia dan Ukraina, dan kesulitan saat ini dalam pengadaan komponen elektronik,”

“Berkat kekuatan besar merek kami, kami tetap memenangkan jumlah pelanggan yang terus bertambah di seluruh dunia, dan saya yakin kami akan dapat kembali ke operasi perusahaan normal pada bulan September tahun ini,” ujarnya. (Galih/Prob/NM)

Berikut adalah momen penting dalam peningkatan penjualan di dan setelah Q1 2022:

  1. Pada 10 Maret, Piaggio Group dan Santander Consumer Finance menandatangani perjanjian kerjasama global jangka panjang untuk pengembangan layanan keuangan ritel guna mendukung organisasi komersial dan jaringan distribusi Piaggio Group di pasar lokal di seluruh dunia.
  2. Pada 15 Maret, Korps Polisi Lokal Ibukota Roma mempersembahkan sepeda motor baru Moto Guzzi V85TT dalam armada mereka di acara yang dihadiri oleh Walikota Roma, Roberto Gualtieri, Komandan Korps Ugo Angeloni, Wakil Komandan dan kepala unit Polisi Lokal. Armada akan ditingkatkan dengan 100 kendaraan roda dua baru sebagai bagian dari program modernisasi
  3. Pada 18 Maret, pada balapan MotoGP Mandalika di Indonesia, Piaggio Group mengumumkan pembangunan pabrik baru di Jakarta di atas lahan seluas 55.000 m2. Fasilitas ini akan dibuka pada akhir tahun. Di trek balap Lombok, Grup juga menghadirkan Aprilia SR GT baru ke pasar Asia.
  4. Pada 25 Maret, selama perayaan peringatan 30 tahun Italy’s National Territorial Emergency Service (yang disebut layanan 118), Piaggio mempersembahkan skuter roda tiga Piaggio MP3 Life Support untuk Palang Merah Italia. Piaggio MP3 Life Support telah digunakan oleh layanan darurat nasional di beberapa negara, termasuk Inggris, Prancis, Australia dan Israel; dengan lebih dari 650 skuter Piaggio, Israel telah menjadikan kendaraan roda tiga sebagai elemen kunci dari armada daruratnya.
  5. Pada 3 April, Aprilia memenangkan GP Argentina bersama Aleix Espargaro, di mana ini adalah kemenangan pertamanya di kelas MotoGP. Untuk perusahaan yang berbasis di Noale, ini adalah kemenangan ke-295 di dunia balap motor dan yang pertama di era empat langkah baru dari kejuaraan roda dua teratas setelah kemenangannya yang tak terhitung jumlahnya di kategori 125 dan 250cc.
  6. Pada 20 April, pra-pemesanan dibuka untuk Vespa Sprint eksklusif yang dirancang oleh bintang pop internasional Justin Bieber. JUSTIN BIEBER X VESPA tersedia dalam kapasitas 50, 125 dan 150cc.
  7. Piaggio Group sangat memperhatikan perkembangan di Rusia – Ukraina, yang telah mulai memicu kenaikan biaya bahan baku dan energi dan dapat memiliki dampak yang signifikan bagi ekonomi dunia.

LEAVE A REPLY

*