Norton Borong 55 Unit Motor Klasik Legendaris untuk Museum

0
Dr. Hentschel dan Ian Loram
CEO Norton Motorcycle, Dr. Hentschel (kanan) dan kolektor Norton, Ian Loram, di kantor baru Norton di Solihull, Inggris. Foto: Norton

NaikMotor – Norton Motorcycles baru saja membeii  55 unit sepeda motor klasiknya yang legendaris. Norton memborong produk langka bagian dari sejarah perjalanannya tersebut dari seorang kolektor, Ian Loram.

Ke-55 sepeda motor tersebut merupakan hasil produksi dari tahun 1916 hingga 1992. Tak hanya soal sejarahnya, tetapi unit yang dibeli juga merupakan unit dengan produksi terbatas, atau langka.

Salah satu unit yang paling bersejarah dan langka adalah Model 1 ‘Big Four’, yakni motor favorit dari pendiri Norton, James ‘Pa’ Norton. Lalu, ada juga motor Polisi Norton Atlas 1968, yakni motor yang digunakan dalam pengawalan Keluarga Kerajaan Inggris.

Motor ini sangat bersejarah lantaran pernah dikendarai oleh Ratu Inggris, ibunya, dan Pangeran Charles. Jelas ini menjadi koleksi yang sangat bernilai bagi pabrikan asal Inggris tersebut.

koleksi bersejarah Norton
55 unit bersejarah telah dipajang di kantor baru Norton di Solihull, Inggris.

Sementara itu, Ian Loram sendiri mengumpulkan unit-unit klasik ini sejak akhir tahun 90-an. Nantinya, ke-55 motor ini akan dipajang di area resepsionis di kantor pusat Norton yang baru dibuka di Solihull, Inggris, dan diperkirakan akan bisa dilihat langsung oleh pengunjung pada akhir tahun 2022 ini.

“Saya mulai mengoleksi Norton di akhir tahun 90-an dan tidak akan melewatkan kesempatan untuk membelinya ketika ada yang menjual unitnya yang langka. Ada banyak motor yang sangat istimewa. James ‘Pa’ Norton selalu berinovasi terhadap produk-produknya. Pa pasti bangga dengan apa yang telah dilakukannya,” kata Ian.

Norton 1930 DT Speedway
Norton 1930 DT Speedway.

Sementara itu, Dr. Robert Hentschel selaku CEO Norton, menyebut bahwa pihaknya sangat ambisius terhadap koleksi istimewanya tersebut. Pasalnya, pembelian ini juga sebagai momentum kebangkitan Norton setelah diakuisisi oleh TVS Motor Company, perusahaan asal India.

“Sangat tidak biasa bagi produsen besar mana pun untuk memiliki kesempatan membeli koleksi produknya sendiri. Ketika peluang ini muncul melalui Ian, kami langsung membawa pulang 55 unit,” ujar Robert.

“Norton memiliki sejarah hampir 125 tahun dan sekarang kami ingin merayakannya. Dengan pembukaan pabrik baru, rencana matang ke depan, dan investasi sebesar 100 juta poundsterling dari TVS, tentu sangat penting bagi kami untuk merayakan produk-produk bersejarah kami. Dan hal ini akan berpengaruh terhadap masa depan Norton itu sendiri.” (Galih/Prob/NM)

Dari ke-55 unit, setidaknya ada 7 motor yang sangat langka dari Norton. Berikut adalah model-modelnya.

1. Model 1 pada 1921 adalah favorit dari James ‘Pa’ Norton. Ia mengendarai Big Four 633 cc sejauh 3.000 mil melintasi Afrika pada 1921.

2. Hanya satu dari 53 unit yang diproduksi Norton untuk balapan speedway. Norton memiliki 1930 DT dengan 500cc twin port. Model ini dipinjamkan ke Oliver Langton untuk balap speedway.

3. Norton F1 Rotary 1990 road-going. Model ini berdasarkan dari sepeda motor balap RCW588.

4. Norton CJ350 1929 yang didesain oleh Walter Moore. Model ini diproduksi tidak lebih dari 200 unit.

5. DNA sejarah Norton terkenal dengan featherbed frame yang digunakan kurang lebih selama 20 tahun. Model ini diterapkan pada unit balap Norton Manx 1950.

6. Norton JE350 1929. Model ini hanya tersisa enam unit di dunia.

7. Norton Clubman International 500cc 1938 juga turut meramaikan koleksi bersejarah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here