Resmi, Jadwal MotoGP Jepang 2022 Diubah Karena Hal Ini

0
Sprint Race di MotoGP
Seri MotoGP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi. Foto: Michelin

NaikMotor – Jadwal MotoGP Jepang pada 23-25 September 2022 mendatang resmi diubah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi permasalahan logistik kembali terjadi.

Sebelumnya, persoalan logistik pernah jadi masalah utama saat jelang MotoGP Argentina pada awal April 2022. Keterlambatan kedatangan logistik ini membuat pihak panitia terpaksa meniadakan jadwal latihan bebas (FP) 1 dan 2 di hari Jumat untuk dipadatkannya ke hari Sabtu.

Berkaca dari kejadian tersebut, MotoGP bersama sejumlah petinggi lainnya telah memutuskan untuk mengubah jadwal FP1 pada seri Twin Ring Motegi, Jepang, pada September 2022 mendatang.

“FIM, IRTA, dan Dorna Sports telah mengumumkan perubahan jadwal di hari Jumat pada Grand Prix Jepang,” tulis keterangan resmi MotoGP.

“Karena tantangan logistik yang ditimbulkan oleh Grand Prix yang diadakan secara berurutan dengan Grand Prix Aragon, serta potensi penundaan yang disebabkan oleh konflik yang sedang berlangsung di Ukraina dan perngaruhnya terhadap wilayah udara, telah diputuskan untuk tidak menjalankan latihan bebas pada Jumat pagi,”

“Sebaliknya, FP1 Moto3 akan dimulai pada pukul 13.15 waktu setempat, Moto2 pukul 14.10, dan MotoGP pukul 15.05. Khusus untuk FP1 MotoGP, yang biasanya berjalan 45 menit akan diperpanjang jadi 75 menit. Hal ini hanya khusus untuk kelas utama MotoGP. Sedangkan, hasil gabungan kualifikasi (Q) 1 dan 2 akan diambil dari FP1 dan FP2 untuk semua kelas Grand Prix.”

Sementara, untuk mengisi kekosongan jadwal di Jumat pagi, pihak panitia akan mengadakan sesi jumpa fans di sirkuit untuk bertemu dengan idolanya. Tentu ini hal yang sangat baik mengingat terakhir kali MotoGP diadakan di Jepang adalah tahun 2019.

“Setelah 3 tahun berlalu, Kejuaraan Dunia FIM MotoGP menantikan untuk kembali balapan di Jepang, yang merupakan kandang dari beberapa pabrikan tim MotoGP di hadapan pendukungnya sendiri,” tulisnya dalam pernyataan tersebut. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*