Setelah Meninggalkan Motor Lama, Lakukan ini

0

6 Langkah Menyimpan Motor

Cabut Aki
Meski tidak digunakan, kabel tetap memiliki aliran listrik dari aki. Bila aki dibiarkan terpasang, aliran listrik akan terus mengalir sehingga bisa menimbulkan aki soak. Sebaiknya aki dilepas dan disimpan di tempat yang aman.

Kosongkan Bahan Bakar
Sebaiknya, biarkan tangki bahan bakar kosong. Hal ini untuk menghindari terjadinya karat karena proses penguapan bahan bakar.

Gunakan Standar Ganda
Siapkan motor dalam posisi menggunakan standar tengah atau standar ganda agar beban motor rata atau seimbang. Jika menggunakan standar samping dalam waktu lama, beban motor condong ke kiri. Shockabsorber depan maupun belakang bisa bermasalah karena tinggi sebelah.

Gunakan Alas Ban
Gunakan alas kayu atau kain untuk ban yang menempel ke lantai. Sebab ban yang langsung menempel ke lantai akan lebih cepat kempes karena perbedaan suhu lantai dengan ban.

Parkir Dalam Ruangan
Sebaiknya motor disimpan di dalam ruangan, sehingga tidak terkena panas atau hujan yang memicu karat atau cat memudar.

Pengaman Lengkap
Selain mengunci setang, bisa gunakan gembok di cakram atau roda untuk mencegah aksi pencurian. Bisa juga dengan melepas kabel busi.

Oli Baru
Jika oli mesin sudah lama digunakan sebelum meninggalkan motor, sebaiknya ganti dengan oli baru. Sebab di dalam oli lama biasanya sudah banyak kotoran yang dapat mengendap dan menggumpal.

Setelah sepeda motor diparkir lama, lakukan langkah berikut:

Hindari Electric Starter
Untuk motor yang dilengkapi kick starter, saat pertama kali ingin menghidupkan mesin, jangan pakai electric starter.

Kick Start 3-4 Kali dalam Kondisi Kontak Off. Dengan posisi kunci kontak Off, gunakan kick starter 3-4 kali. Setelah itu, putar kunci ke ON dan kick start sampai mesin hidup. Sehingga oli mesin yang berada di bawah bisa membasahi komponen mesin dan siap beroperasi. (Ulwan/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here