Pirelli Siapkan Ban SCQ untuk Pertama Kalinya, di WorldSBK 2023 Indonesia

0

Pirelli Siapkan Ban SCQ

Untuk opsi depan, solusi standar 2023 baru dikonfirmasi: SC1 sedang dan SC2 keras. Dengan Mandalika menjadi sirkuit yang memberi tekanan pada ban depan, tahun lalu solusi SC2 paling disukai. Ada tiga opsi di bagian belakang untuk memilih grid, dua di antaranya selalu dapat digunakan dan satu hanya untuk Superpole dan Superpole Race. Yang tersedia sepanjang akhir pekan adalah SCX-A super lunak (spesifikasi pengembangan B0800) dan SC0 lunak, yang terakhir paling banyak dipilih dari tahun lalu. Untuk Superpole dan Superpole Race, juga akan ada SCQ lunak ekstra, yang juga standar.

Setelah komentar dalam pengujian dan dari kinerja 2022, Kawasaki cenderung lebih memilih pengembangan ke arah yang lebih sulit, sesuatu yang dinyatakan oleh Jonathan Rea dan Alex Lowes dalam pengujian di Jerez. Rea berkomentar bahwa untuk karakteristik Kawasaki, ban harus dikembangkan “lebih ke arah yang lebih keras”, sementara Lowes berkomentar bahwa, “dengan motor kami, secara historis, kami lebih suka ban depan yang lebih kaku dan ada banyak balapan di mana kami menjadi satu-satunya. yang di bagian depan lebih kaku.” Setidaknya untuk ban depan, kompon yang lebih keras tersedia akhir pekan ini di Indonesia. Adapun SCQ, pengendara Kawasaki belum meraih kemenangan, tetapi mereka memiliki posisi terdepan di paruh pertama tahun 2022 dengan Jonathan Rea, terutama di Estoril dan Donington Park.

Di tempat lain, pembalap Ducati cenderung bersinar saat grip kurang, sesuatu yang ditekankan oleh Axel Bassani (Motocorsa Racing) setelah Phillip Island, mengikuti posisi P14 Superpole-nya. Sedangkan untuk Yamaha, motor mereka serbaguna untuk disesuaikan dengan berbagai jenis ban, meskipun karet yang lebih lembut tampaknya menjadi pilihan mereka. Dalam hal performa secara umum, Iker Lecuona (Team HRC) mengatakan bahwa di pihaknya, mereka berjuang untuk mengambil keuntungan dari karet segar secara umum, sementara pengendara BMW cenderung memaksimalkan performa SCQ, yang berkali-kali ditunjukkan oleh Scott Redding (ROKiT BMW Tim Motorrad WorldSBK). (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here