Mudik Jelajah Masjid Jakarta dan Sekitarnya, Wisata Religi Ramadan 1444H

0
Mudik Jelajah Masjid Jakarta
Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta salah satu masjid yang bisa untuk destinasi wisata religi saat Ramadan 14444H. Foto: istimewa

NaikMotor – Di bulan Ramadan dan Idul Fitri 1444H/2023,  masyarakat Indonesia terbiasa melakukan tradisi mudik. Beberapa masjid di Jakarta dan sekitarnya siap menjadi lokasi yang dapat dikunjungi sebagai mudik jelajah Masjid serta wisata religi Ramadan ini.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia berupaya untuk terus mengembangkan dan mempromosikan pariwisata ramah muslim agar dapat bersaing secara global. Berikut merupakan beberapa masjid yang bisa dikunjungi khususnya daerah Jakarta dan sekitarnya yang dikemas Kemenparekraf sebagai Mudik Jelajah Masjid :

Mudik Jelajah Masjid Jakarta
Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid Istiqlal, masjid terbesar di kawasan Asia Tenggara ini mampu menampung hingga 200.000 jemaah. Tidak hanya populer di pelosok Tanah Air, tapi pesona masjid ini telah mendunia. masjid yang menjadi ikon Kota Jakarta ini didesain dengan elemen bangunan yang sarat akan makna. Mulai dari kubahnya yang berdiameter 45 meter, melambangkan tahun kemerdekaan Indonesia 1945, menara setinggi 6.666 cm yang menyimbolkan jumlah ayat dalam Al-Qur’an, hingga lima lantainya yang menyimbolkan salat 5 waktu sekaligus 5 sila dalam Pancasila. Lebih kerennya lagi, Masjid Istiqlal meluncurkan Istiqlalverse, yaitu sebuah platform yang bisa diakses masyarakat untuk menyaksikan keindahan Masjid Istiqlal di dunia metaverse.

Sebelum menjadi masjid, Masjid Cut Meutia dahulunya merupakan sebuah gedung milik pemerintahan kolonial Belanda. Berlokasi tepat di jantung Kota Jakarta, terdapat sebuah masjid dengan arsitektur khas Belanda yang berpadu dengan ornamen kaligrafi, bernama Masjid Cut Meutia. Masjid ini dulunya merupakan kantor pemerintahan Belanda hingga akhirnya pada tahun 1987 beralih fungsi sebagai tempat ibadah umat Islam dengan luas 5.000 meter persegi dan dapat menampung 3.000 jemaah.

Baca Juga: Jelajah Desa Wisata Alamendah, Destinasi Wisata Lokal Terakhir yang Ramah Berkendara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here