Kemenperin Terus Dorong Pengembangan Ekosistem KBLBB di Tanah Air

0
Kemenperin Terus Dorong Pengembangan Ekosistem KBLBB
Foto : Kemenperin

Direktur Industri Kecil dan Menengah Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut Ditjen IKMA Kemenperin, Dini Hanggandari menambahkan, kegiatan bimtek konversi kendaraan listrik di Jawa Tengah diikuti oleh 20 IKM perbengkelan dari Kota Surakarta dan Kabupaten Sukoharjo.

“Tujuan utamanya untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) IKM perbengkelan roda dua terkait kebijakan dan teknik konversi sepeda motor listrik,” ungkap Dini.

Dini menjelaskan program konversi sepeda motor juga turut memberikan dorongan positif bagi industri alat angkut di Indonesia agar mampu memproduksi komponen yang dibutuhkan untuk konversi sepeda motor konvensional menjadi sepeda motor listrik.

Menurutnya, saat ini brushless direct current (BLDC) motor sebagai salah satu komponen utama dalam KBLBB telah mampu diproduksi olehPT Mitrametal Perkasa melalui brand AZN Motor.

Produk BLDC motor tersebut telah memiliki sertifikat TKDN dengan nilai TKDN sebesar 61,24%.

Dalam pelaksanaan Bimtek Konversi Kendaraan Listrik bagi IKM Perbengkelan Roda Dua di Jawa Tengah, Ditjen IKMA Kemenperin turut bekerjasama dengan Dinas Koperasi, UKM, dan Perindustrian Kota Surakarta, dan PT. Mitrametal Perkasa

“Kami percaya bahwa peningkatan daya saing IKM di era kendaraan listrik berbasis baterai akan kita upayakan bersama dengan keterlibatan dari seluruh pihak terkait,” ujar Dini. (Fernando/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here