Mau Main Offroad? Ini Tips Berkendara dan Riding Gear-nya

0
Pembekalan tips berkendara Offroad oleh instruktur Safety Riding AHM
  1. Pakaian

Tidak disarankan menggunakan kaos, tetapi lebih mempertimbangkan bahan jersey. Saat tubuh berkeringat, bahan pakaian jersey lebih mudah menyerap keringat, tetapi juga cepat kering. ”Kalau kaos, mudah menyerap, tapi sulit kering. Dikhawatirkan, berpotensi memicu masalah pada tubuh jika tubuh dalam kondisi basah dalam jangka waktu lama. Misalnya hipotermia yang ditandai mual, muntah, dan sebagainya,” jelasnya.

  1. Sarung Tangan

Sarung tangan dalam hal ini disarankan menggunakan bahan yang halus dan lentur. Hal ini untuk mendukung gerakan tangan yang membutuhkan gerakan cepat saat melintasi medan ekstrem.

  1. Sepatu

Sepatu offroad harus tinggi (menutupi tulang kering dan betis) dan keras/ kaku, namun tidak disarankan yang berbahan karet. ”Fungsinya melindungi tulang kering saat terjadi benturan, lalu mencegah kontak langsung dengan leher knalpot. Offroad itu medan yang labil, potensi jatuh akibat kontur jalan yang berubah-ubah sangat tinggi,” kata Hendrik.

  1. Protector

Perlindungan maksimal jika pengendara menggunakan pelindung yang terpasang pada dada, sikut, dan lutut. Pelindung dada berguna jika terdapat benturan dengan stang kemudi atau benda asing yang terlempar mengarah ke bagian dada. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here