Desa Wisata Danau Toba, Cocok Untuk Jadi Destinasi Touring

0

Desa Wisata Danau Toba, Cocok Untuk Jadi Destinasi Touring
Foto: Rumah adat Batak di Desa Wisata Tuktuk Siadong (Shutterstock/Simon Siregar)
  • Hariara Pohan

Berhasil masuk dalam 75 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, Desa Wisata Hariara Pohan mempunyai sumber daya alam yang melimpah. Sobat motoris bisa melihat perkebunan kopi, perbukitan alpukat, hingga menikmati keindahan bukit holbung.

Fakta menariknya, Bukit Holbung di Desa Wisata Hariara Pohan menjadi latar syuting dalam film Ngeri-Ngeri Sedap (2022). Di dalam desa ini terdapat situs budaya berumur ratusan tahun, Huta Simarmata, serta rumah adat Batak kuno dan Sarkofagus Makam Raja Simarmata. 

  • Meat

Desa wisata ini berhasil masuk 300 Besar ADWI 2023. Desa wisata ini lokasinya berada di Tampahan, Kabupaten Toba Samosir. 

Dua perbukitan yang ditumbuhi pohon pinus dan hamparan sawah yang luas jadi pemandangan indah desa ini. Tak hanya menikmati keindahan alam saja, motoris bisa belajar martonun. atau membuat kain ulos yang terkenal bersama perempuan dari Desa Wisata Meat. 

  • Tuktuk Siadong

Tidak kalah unik untuk dijelajahi, desa wisata di sekitar Danau Toba berikutnya adalah Desa Wisata Tuktuk Siadong. Terletak di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, ikon dari desa wisata ini berupa Bukit Beta yang ditumbuhi rumput hijau dan sangat luas. Serta Air Terjun Simangande yang mengalir deras dari salah satu sisi perbukitan. 

Juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru di Desa Wisata Tuktuk Siadong. Mulai dari memancing, berenang, hingga menyelam di danau. Menariknya lagi, Desa Wisata ini dijuluki Kampung Turis, karena sudah dikunjungi turis mancanegara sejak 1990.

  • Huta Tinggi

Berada di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Desa Wisata Huta Tinggi menawarkan perpaduan wisata alam dan budaya yang komplit. Di desa wisata ini, sobat motoris bisa memetik buah kopi langsung dari kebun, hingga belajar memerah susu kerbau. 

Menariknya, Sobat Parekraf bisa langsung mengolahnya menjadi dali ni horbo, keju khas Batak. Sobat motoris dapat langsung melihat pertunjukan Tari Tor-tor dan musik gondang dalam upacara adat di desa tersebut.

  • Jangga Dolok

Desa wisata di sekitar Danau Toba berikutnya berada di Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir. Tak hanya memiliki udara yang masih segar, Desa Wisata ini terkenal dengan wisata rumah adat Batak Toba Tertua. Yakni Tobasa yang umurnya 250-300 tahun.

Selain itu, juga bisa mencicipi camilan khas Batak yakni tipa-tipa. Camilan yang terbuat dari beras tumbuk, direndam selama 2 malam. Memiliki bentuk seperti sereal, warga lokal biasa menyajikan camilan manis ini dengan gula dan kelapa parut. (Alvito/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here