Bermotor Manual di Jalan Menanjak, Jangan Main Setengah Kopling

0

Tips gunakan kopling sepeda motor yang baik saat di Tanjakan

Salah satunya adalah menggunakan kopling agar sepeda motor tetap melaju dengan baik tanpa membuat kampas kopling cepat habis dan tetap nyaman saat dikendarai. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk tetap berkendara dengan aman dan nyaman di tanjakan.

  1. Saat sedang melalui jalan tanjakan, pastikan untuk tidak menarik tuas kopling terlalu lama dalam posisi gigi atau transmisi yang masuk.
  2. Pengendara bisa menggunakan gigi rendah untuk memperkuat torsi atau tenaga mesin untuk melewati tanjakan tersebut.
  3. Kurangi penggunaan kopling yang berlebihan saat menanjak karena hal tersebut akan membuat usia kampas kopling cepat habis dan membuat tangan kita menjadi lebih pegal karena harus terus bersiap di tuas kopling.

“Selain itu juga hindari jari yang bersiap di tuas kopling, agar pengendalian stang motor juga lebih maksimal, cukup gunakan saja gas dan rem belakang. Dalam setiap tanjakan selalu pastikan kaki kanan bersiap di rem belakang, agar saat motor berhenti mendadak atau terjadi kemacetan. Serta untuk menjaga sepeda motor bisa berhenti dengan stabil dan tidak akan mundur lagi,” ujar Ludhy.

Dalam melewati berbagai macam jenis tanjakan yang paling penting adalah selalu menjaga postur berkendara yang aman dan nyaman. Pastikan selalu gunakan perlengkapan berkendara yang lengkap agar mengurangi dampak negatif dari kecelakaan.

Pengendara juga harus selalu mengikuti peraturan rambu-rambu lalu lintas yang ada di jalan agar selalu selamat sampai tujuan. Jadikan keselamatan hal yang paling utama saat sedang berkendara menggunakan sepeda motor, selalu #Cari_Aman. (Alvito/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here