Bermotor Manual di Jalan Menanjak, Jangan Main Setengah Kopling

0
Tips gunakan kopling sepeda motor yang baik saat di Tanjakan
Safety Riding Development Section Head (DAM) berikan tips gunakan kopling di tanjakan. Foto: PT. Daya Adicipta Motor

NaikMotor -Sepeda motor tipe sport atau naked masih menggunakan kopling sebagai penerus daya mesin. Saat di jalan menanjak ternyata penggunaan kopling ada caranya.

Tanpa disadari, kesalahan-kesalahan berkendara di jalan raya bisa mengurangi usia pakai part. Seperti saat di jalan menanjak, sepeda motor dengan kopling manual bisa merusak bagian part jika salah dalam mengoperasikannya.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motor, Ludhy Kusuma menjelaskan, “Dalam keadaan menanjak. Sepeda motor akan bekerja lebih berat dengan putaran mesin yang lebih tinggi. Dengan penggunaan kopling yang terlalu sering atau menggunakan setengah kopling, akan membuat bantalan pada bagian kopling cepat habis atau aus.”

Jalan yang menanjak merupakan salah satu kontur jalan yang memerlukan teknik yang berbeda jika dibandingkan dengan jalan yang datar. khususnya ketika perjalanan jauh atau touring di jalan antar kota atau antar provinsi.

Melewati area pegunungan dengan kontur jalan yang berbeda-beda ketinggiannya. Saat menggunakan sepeda motor tipe sport atau underbone berkopling, tentunya kita harus melakukan usaha yang lebih.

Baca Juga: Di Final JuniorGP 2023 Valencia, Fadillah Arbi Raih Posisi 20 Besar Klasemen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here