Begini Memilih Jas Hujan untuk Berkendara Aman di Musim Hujan

0

Tips Berkendara Saat Hujan, Jangan Salah Pilih Jas Hujan

1. Jas Hujan Ponco
Jas Hujan yang tentu sudah sangat familiar, bentuknya layaknya jubah dan memiliki ciri khas pada bagian samping tidak tertutup dan ukurannya relatif besar. Memungkinkan pengendara punya ruang gerak luas.

Jenis yang satu ini kurang direkomendasikan. Karena posisi badan tidak tertutup full dan saat tertiup angin jas hujan ponco yang biasanya berukuran besar bisa membahayakan pengendara yang persis ada di belakangnya. Tidak cuman itu saja bahaya lain yang muncul jika jas hujan tersangkut di bagian gear atau rantai kecelakaan fatal tentu saja bisa terjadi.

2. Jas Hujan Setelan
Jas Hujan setelan sesuai dengan namanya terdiri dari atasan dan bawahan. Jenis ini menutup seluruh bagian tubuh pengendara sepeda motor sehingga lebih aman dan nyaman, karena bodi fit atau mengikuti bentuk tubuh.

Biasanya jenis ini dilengkapi fitur keselamatan dengan garis scotch ight yang dapat memantulkan cahaya saat gelap atau malam hari. Jadi, akan lebih mudah saat tersorot lampu dari pengendara di belakang ataupun lampu jalan.

Jenis jas hujan ini memang direkomendasikan untuk digunakan pengendara motor. Selain karena bagian badan dan kaki terlindungi, tidak mengganggu ruang gerak pengendara saat berkendara.

“Saat ini banyak berseliweran jas hujan yang dijual di pasaran, tetapi jangan hanya berpatokan pada fashion. Pastikan jas hujan setelan itu yang paling pas, bagian badan tertutup full kemudian terlindungi, cocok buat berkendara,” tambah Agus.

Tetap berhati-hati dalam berkendara dalam kondisi hujan, pastikan pula sepeda motor dan fisik dalam kondisi prima. Bila terjadi hujan lebat jangan lupa untuk menyalakan lampu jauh dan kurangi kecepatan, tetap #Cari_aman dalam berkendara. (Alvito/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here